Proper Kabid Destinasi Dispar Tolitoli Bikin Pulau Kapas Kian Menawan

22/11/2019 13:09 0 By Maman

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan meresmikan Spot Wisata Menawan Pulau Kapas.

Hulondalo.id- Pulau Kapas di Kecamatan Dako Pemean, kian menawan. Bupati Tolitoli Hi. Saleh Bantilan, meresmikan spot wisata baru tersebut Kamis (21/11/2019).

Inovasi ini merupakan Proyek Perubahan (Proper) dari Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Tolitoli Nurahman Syah. Proper dimaksud, merupakan rangkaian dari Diklat PIM III yang sedang dijalaninya.

Nurahman mengatakan, perubahan dilakukan terhadap Pulau Kapas dengan sentuhan sedikit seni dan warna, yang menjadi sesuatu yang baru. Bahkan, memberikan rasa penasaran bagi masyarakat bagi wisatawan, sehingga akan berkunjung di pulau ini.

Spot wisata menawan Pulau Kapas Tolitoli.

“Ini bagian dari proper saya yang akan diproyeksikan mengisi jabatan eselon tiga, juga membentuk figur pimpinan birokrasi yang berkompetensi tinggi, yang mampu mejalankan visi dan misi organisasi dalam program yang mumpuni,” kata Nurahman.

Sebelum meresmikan obyek wisata ini, Bupati Tolitoli nampak berbaur santai dengan masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk ibu-ibu yang sedang membuat makanan khas Buol yaitu, Ambal.

Bupati juga sempat berkeliling pulau, memastikan perubahan apa saja yang akan dilakukan kedepan, terhadap pulau kapas, agar lebih bisa menarik minat para wisatawan baik lokal maupun luar.

Keindahannya yang eksotik serta letaknya yang strategis, Pulau Kapas ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata, khususnya wisata bahari di Tolitoli,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, inovasi ini hendaknya bisa membawa perubahan ke arah pengembangan industri kepariwisataan di Tolitoli. Yang kemudian, akan diikuti dengan kelancaran perputaran ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saya sempat bertanya ke masyarakat, mereka berharap, jumlah kunjungan semakin banyak, yang tentu akan berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat yang berjualan,” ungkap Bupati.

Karenanya, Bupati menyampaikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan pada Pulau Kapas ini. Apalagi, dampaknya cukup signifikan menjadikan Pulau Kapas sebagai destinasi wisata baik wisata lokal maupun mancanegara.

Pulau Kapas itu sendiri, termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Dako Pemean, dan tidak berpenghuni.

Hadir pula dalam acara tersebut, Danlanal Tolitoli-Buol Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksosno, ST, M.Ter (Hanla), Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si, sejumlah Pimpinan OPD, Pejabat dari BPSDM Provinsi Sulteng Isnaeni Ramadhan, Anggota DPRD Tolitoli, Pejabat Perwakilan Unsur Forkopimda Kecamatan Dako Pemean, serta masyarakat Desa Kapas dan sekitarnya. (Andis/Adv)