Protokol Kesehatan Pilkada 2020, PPDP se Tolitoli Bakal Jalani Rapid Tes

Protokol Kesehatan Pilkada 2020, PPDP se Tolitoli Bakal Jalani Rapid Tes

03/07/2020 07:20 0 By Maman

KPU Tolitoli menggelar sosialisasi tahapan Pilkada 2020 di Kecamatan Tolitoli Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tolitoli) – Petugas Pemutakhiran Data Pemilu (PPDP) yang telah direkrut KPU Tolitoli, bakal menjalani rapid tes. Jumlah PPDP yang akan di rekrut untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2020, sebanyak 500 orang tersebar di 103 desa dan 6 kelurahan.

Komisioner KPU Tolitoli Irwan Baco mengatakan, jumlah PPDP tersebut akan disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di masing-masing Desa dan Kelurahan.

Irwan juga berharap, PPDP yang sudah di rekrut bisa melaksanakan tugasnya seperti pencocokan atau penelitian tentang data terdaftar, dari rumah kerumah. Agar kata dia, tidak ada warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih tetap  maupun pemilih yang baru.

“Untuk PPDP yang sudah di rekrut, nantinya akan menjalani rapid tes, ini salah satu cara untuk memenuhi protokol kesehatan yang berlaku,” kata Irwan dalam acara sosialisasi tahapan PKPU 5 tahun 2020 di Kecamatan Tolitoli Utara.

Pilkada kali ini diakuinya, sangat luar biasa dan berbeda dengan pilkada sebelumnya. Semua tahapan yang akan dilakukan, harus sesuai dengan protokoler kesehatan yang berlaku.

Sosialisasi tersebut kata komisioner dari Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tolitoli ini, untuk mengedukasi Pemerintah Desa dan masyarakat, terkait tahapan dan jadwal yang dilakukan KPU. Dia juga berharap, kepala desa bisa memberikan hal yang sama secara berjenjang kepada masyarakat tentang tahapan dan program dan jadwal pemilihan serentak tahun 2020.

Sementara itu, masih dalam kesempatan tersebut, Ketua Panwascam Tolut Hajri saat diwawancarai sangat menyayangkan ketidak hadiran beberapa kepala desa yang ada di Kecamatan Tolitoli Utara. Dari sepuluh desa yang ada, hanya ada tiga kepala desa yang hadir. Padahal sebelumnya kata dia, selain sudah dilakukan koordinasi juga ada undangan dari penyelenggara.

“Seharusnya para kepala desa yang tidak bisa hadir, bisa mengirimkan perwakilannya jika memang tidak bisa hadir,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Camat Tolitoli Utara, Kapolsek Tolitoli Utara, PPK, Panwascam Tolitoli Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat. Protokol kesehatan juga diterapkan dalam acara tersebut. (Andis/Adv)