PSBB Hanya Akan Efektif Jika Masyarakat Mau Disiplin

PSBB Hanya Akan Efektif Jika Masyarakat Mau Disiplin

02/06/2020 13:57 0 By admin

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik. (f.read.id)

Hulondalo.id – Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) diberlakukan di Gorontalo guna menekan laju penyebaran covid-19. Sayang, upaya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu, justru membuat dirinya menjadi sasaran empuk bagi lawan politiknya.

Hamzah Sidik salah seorang politisi Golkar pun angkat bicara. Menurutnya, tidak perlu ada lagi PSBB jilid 3, jika kebijakan itu rawan dipolitisasi atau digoreng lawan politik, dan menjadi keprihatinan pihaknya adalah yang jadi sasaran empuk adalah Rusli Habibie.

“Jadi kalau PSBB ini, kebijakan ini hanya merugikan kapasitas dia (Rusli Habibie) sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar yang menjadi Gubernur saat ini, kami merasa lebih baik ngga usah saja Gubernur perpanjang,” ungkapnya.

Wakil Ketua Dua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara itu berpendapat, penerapan PSBB, social distancing, new normal dan hal lainnya itu hanyalah instrumen, untuk menekan laju angka penyebaran covid-19.

Dan itu hanya akan berfungsi jika semua berjalan sesuai undang undang kesehatan. Namun prakteknya belakangan, hanya sebagian saja yang patuh dan sebagiannya lagi hidup normal seperti biasa. Pasar pasar yang sebelumnya ditutup, akhirnya dibuka kembali dengan alasan ekonomi.

“Perpanjang ini PSBB mau sampai jilid 79 pun kalau masyarakat tidak disiplin, begini-begini terus ini keadaan, bukan saja semakin sedikit nanti akan semakin banyak,” kata Hamzah lagi

Hamzah menambahkan inti dari semua pencegahan pandemic ini adalah kedisiplinan, tanpa PSBB, tanpa undang-undang kekarantinaan kesehatan, tanpa adanya maklumat Kapolri kalau semua pihak disiplin, sadar ingin melindungi diri sendiri dan keluarga pasti Virus tersebut sedikit-demi sedikit akan surut. (prin)