PT. KIMA Tertarik dengan Desa Papualangi, Untuk Pengembangan KEK

PT. KIMA Tertarik dengan Desa Papualangi, Untuk Pengembangan KEK

05/10/2020 20:48 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menghadiri pertemuan bersama PT. KIMA. (foto:hms)

Hulondalo.id – Desa Papualangi Kecamatan Tolinggula Gorontalo Utara, dilirik PT. Kawasan Industri Makassar (KIMA). Senin (5/10/2020), digelar pertemuan bersama Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, membahas pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di desa tersebut.

Wabup mengatakan, dalam petemuan tersebut, PT KIMA menjelaskan posisinya sebagai penghubung untuk ALKI 2. ALKI 2 ini kata Wabup, merupakan alur pelayaran 2 yang meliputi Sulawesi.

Saat ini, perusahaan tersebut sementara mencari satu kawasan di Gorontalo, disamping kawasan ekonomi Makassar dan Sulut.

“Mereka sangat tertarik dengan Gorontalo Utara, khususnya kawasan Papualangi,” ujar Wabup.

Sejak awal kata Wabup, Papualangi sudah diproyeksi menjadi satu kawasan, yakni kawasan Papualangi Agre Calter Sustainability (Pasti).

“Kawasan pertanian, kehutanan, peternakan yang terpadu dan betul-betul berkelanjutan, jadi kunjungan mereka untuk memastikan itu,” jelas Wabup.

Dari diskusi itu kata Wabup lagi, pembentukan tim khusus untuk percepatan KEK akan diusulkan ke Bupati Gorontalo Utara. Tim ini nantinya akan memikirkan dan mendesain langkah yang akan dilakukan.

“Selanjutnya, akan ada FGD secara teknis dari berbagai bidang terkait, baik dari PT KIMA, Kementerian Perindustrian, yang fokus membahas soal langkah-langkah pemantapan dan juga realisasi dari KEK tersebut,” ungkap Wabup.

“Mereka sangat tertarik dengan potensi, apalagi Papualangi punya durian, saat ini durian menjadi konsumsi bagi masyarakat Cina dan India, ini menambah prospek, di Papualangi juga ada wisata arung jeram,” tambahnya.

PT KIMA kata Wabup juga, akan meninjau pelabuhan Anggrek sebagai pelabuhan ekspor, dan selanjutnya akan menginap di Papualangi. (Prin/Adv)