Pulau Mohinggito Dikelola Swasta, Marzuki: PKS Masih akan Dibahas Bersama DPRD

Pulau Mohinggito Dikelola Swasta, Marzuki: PKS Masih akan Dibahas Bersama DPRD

08/10/2021 14:37 0 By Maman

MoU Pulau Mohinggito

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasing usai menandatangani MoU pengelolaan Pulau Mohinggito. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pengelolaan Pulau Mohinggito dipercayakan kepada swasta, PT. Bimantara Karya Andalan. Ini terungkap dalam penandatanganan MoU atau Nota Kesepahaman yang dilakukan di ruang kerja Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Jum’at (8/10/2021).

Kabag Tapem Setda Gorontalo Utara, Marzuki Tome mengatakan, waktu atau lamanya pengelolaan salah satu aset daerah ini, akan di tuangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“Untuk PKS, kita masih menunggu pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD,” ujarnya.

Marzuki menambahkan, Pemkab Gorontalo Utara akan segera mengajukan draft PKS Mohinggito, MoU dan profil PT. Bimantara Karya Andalan ke DPRD. Selanjutnya kata dia, menunggu waktu yang pas dari DPRD untuk membahasnya secara bersama.

Marzuki menjelaskan, pembahasan PKS bersama DPRD antara lain mengacu pada Permendagri Nomor 22 Tahun 2020 dan terkait alokasi anggaran jika nantinya pada pelaksanaan kerjasama, menimbulkan biaya yang harus dibebankan pada APBD Gorontalo Utara.

“Sehingganya, kami harus mendapatkan persetujuan DPRD,” ungkap Marzuki.

Sementara itu, Pembina PT. Bimantara Karya Andalan, Thomas Mopili mengatakan, pengelolaan pulau ini sebenarnya sudah berjalan beberapa saat, sekalipun sifatnya masih sederhana. Ini juga sesuai dengan Undang-undang Cipta Kerja, yang antara lain mengatur tentang kemudahan berinvestasi. Kemudahan berinvestasi ini kata Thomas, juga menjadi harapan Presiden RI Joko Widodo.

“Perizinan bisa menyusul, sepanjang ada pengusaha, baik itu lokal maupun luar negeri atau modal asing, yang ingin membangun di daerah di Indonesia, jika memang ada keinginan kuat, silahkan, nanti perizinannya menyusul,” kata Thomas.

“Tetapi, sebagai warga negara yang masih diatur oleh ketentuan-ketentuan, kita pelan-pelan, dan hari ini titik awal penandatanganan MoU,” tambahnya.

Bupati Gorontalo Utara juga lanjut Thomas, berpesan agar mengelola pulau tersebut dengan baik, serta bagaimana akses masyarakat tidak terabaikan.

“Artinya, pengelolaan pulau ini berdampak positif terhadap masyarakat sekitar Ponelo Kepulauan dan Kwandang, dan Bung Gilang tadi menyanggupi,” jelasnya.

Dari 50 pulau yang ada di daerah ini, baru 2 pulau yang dikelola.

“Hari ini kita baru dua, dikelola saudara Gilang dan Blue Bay Diver dari Likupang, dan ami juga sudah lihat disana bagus, mudah-mudahan dua pulau ini menjadi titik awal menggeliatnya wisatawan di Gorontalo Utara,” imbuhnya.

MoU yang ditandatangani langsung Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin bersama Direktur PT. Bimantara Karya Andalan, Gilang Ramadhan Mopili ini, disaksikan langsung Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, Badar Pakaya, Kabag Tapem Setda Gorontalo Utara, Marzuki Tome serta Kabag Hukum Setda Gorontalo, Yolanda Giola. (Prin/Adv)