Pulihkan Ekonomi, Menkeu Desak Bank BUMN Salurkan Kredit 3 Kali Lipat

Pulihkan Ekonomi, Menkeu Desak Bank BUMN Salurkan Kredit 3 Kali Lipat

29/06/2020 17:10 0 By Alex

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. (f. bisnis.tempo.co)

Hulondalo.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mendesak 4 bank BUMN, yakni BRI, BNI, Mandiri dan BTN untuk menyalurkan kredit hingga 3 kali lipat.

Permintaan Sri Mulyani itu menyusul penempatan uang negara sebesar Rp 30 Triliun di 4 bank BUMN tersebut dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional.

“Kita harapkan untuk setiap 1 rupiah yang ditempatkan, bisa salurkan 3 kali lipat atau 3 rupiah,” ujar Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, dikutip dari detik.com, Senin (29/6/2020).

Disebutkan Sri Mulyani pula rencana ekspansi 4 bank BUMN dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional.

BRI, kata Sri Mulyani, berencana menyalurkan kredit sebesar Rp 122 Triliun selama 6 bulan kedepan dengan kredit mikro untuk UMKM sebesar Rp 108 Triliun.

Untuk BNI, juga akan melakukan ekspansi ke sektor rill, baik korporasi, UMKM hingga kredit konsumtif dalam 3 bulan kedepan senilai Rp 15 Triliun.

Sedangkan untuk Mandiri, menargetkan penyaluran kredit hingga Rp 21 Triliun yang menyasar ke sektor produktif, padat karya, ketahanan pangan dan sistem logistik nasional.

Sementara untuk BTN, akan menargetkan penyaluran kredit Rp 30 Triliun selama 6 bulan kedepan yang difokuskan pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) serta kredit sektor perumahan lainnya.(alex)