Pulihkan Sosial Ekonomi, Pasar Ngemplak Role Model Pasar Tangguh Semeru

Pulihkan Sosial Ekonomi, Pasar Ngemplak Role Model Pasar Tangguh Semeru

18/06/2020 19:53 0 By Maman

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M meresmikan Pasar Ngemplak sebagai Pasar Tangguh Semeru didampingi Kapolres AKBP Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M., M.H., Kasdim 0807 Mayor INF. Muji Wahono.

Hulondalo.id (Tulungagung) – Pasar Ngemplak Tulungagung dijadikan role model Pasar Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib dan Rukun). Kamis (18/6/2020), Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M meresmikannnya dalam rangka penerapan New Normal.

Pasar Tangguh Semeru merupakan skenario percepatan penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi, dengan tetap mengedepankan disiplin diri serta mematuhi protokol kesehatan.

Dalam acara yang juga dihadiri Kapolres AKBP Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M., M.H., Kasdim 0807 Mayor INF. Muji Wahono, dan Forkopimda, Bupati mengatakan, pasar tangguh adalah pasar yang sudah terbentuk dengan memiliki kesiapsiagaan dan kemandirian menghadapi bencana alam maupun non alam, termasuk pandemi Covid-19.

Pasar kata dia, merupakan tempat publik yang diperuntukkan transaksi jual beli kebutuhan pokok maupun non pokok, serta merupakan roda perputaran ekonomi masyarakat.

“Dengan akan diberlakukannya masa new normal ditengah Pandemi Covid-19, maka seluruh sektor dalam kehidupan harus kembali dioptimalkan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Forkopimda Tulungagung meninjau Pasar Ngemplak.

Selain pendidikan, pariwisata, pertanian dan pangan, bidang ekonomi di pasar, saatnya untuk difungsikan kembali seperti sebelumnya. Agar masyarakat lebih leluasa dalam bertransaksi jual beli dan roda perekonomian.

“Kita tidak ingin kondisi pasar seperti saat ini, masyarakat yang datang ke pasar seperti takut akibat Covid-19, jika kondisi ini masih berlarut-larut dikhawatirkan bisa berpengaruh negatif terhadap kegiatan roda perekonomian masyarakat,” lanjutnya.

Virus Corona ini tidak akan hilang. Siap tidak siap, mau tidak mau, harus menyiapkan beberapa alternatif protokol kesehatan, agar aktivitas ekonomi dan sosial khususnya roda perekonomian harus tetap berjalan.

“Pasar Ngemplak kita jadikan sebagai role model pencegahan Covid-19 berbasis pasar,  diharapkan menjadi kuat dalam menghadapi Covid-19, dan harus siap menghadapi New Normal, jaga kebersihan, jaga jarak aman, pakai masker,” himbaunya.

Berdirinya pasar tangguh ini merupakan langkah yang maju di masa new normal. Ini upaya untuk membangun kembali kekuatan pangan ekonomi, sosial, dan budaya menjadi lebih baik. (MO)