Putusan Hakim Vonis 6 Bulan Percobaan Diterima Kades Pilobuhuta

Putusan Hakim Vonis 6 Bulan Percobaan Diterima Kades Pilobuhuta

03/09/2021 22:41 0 By Maman

Sidang Putusan Kades Pilobuhuta

Suasana Sidang PN Limboto dengan agenda pembacaan putusan terkait kasus penganiayaan yang dilakukan Kades Pilobuhuta. (foto:pin)

Hulondalo.id – Kepala Desa Pilobuhuta, Hamzah Meluko menerima putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Limboto atas vonis yang diberikan kepadanya, 3 bulan penjara dengan masa percobaan 6 bulan.

Jumat (03/09/2021), Majelis Hakim PN Limboto Daimon D. Siahaya, SH memutuskan, Hamzah Meluko terbukti bersalah melakukan penganiayaan sebagaimana dalam putusan, 6/Pid.C/PN LBO/2021. Kasus ini juga termasuk dalam Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

Kuasa hukum Hamzah Meluko, Adam Nani, SH mengatakan, pihaknya menghargai putusan hakim tersebut.

“Kepala desa juga menerima putusan ini,” kata Adam.

Adam mengungkapkan, Kepala Desa Pilobuhuta divonis 3 bulan penjara dengan 6 bulan masa percobaan. Dari putusan itu kata dia, kepala desa tidak akan menjalani kurungan.

“Jadi, vonis kurungan tidak dijalani oleh kepala desa, namun, masa percobaan 6 bulan, kami berpesan kepada kepala desa agar, ini harus dijalani dan dapat memberi contoh kepada masyarakat,” terang Adam.

Tidak dijalaninya hukuman kata Adam, karena tindak pidana yang dilakukan oleh kepala desa merupakan tindak pidana ringan.

“Hasil visum dokter tidak terlihat adanya tanda-tanda kekerasan pada korban,” jelas Adam.

Diakui Adam, kepala desa memang menampar. Namun tujuannya meredam persoalan di desa terkait laporan fitnah.

“Pada intinya, putusan ini diterima, kami tidak akan melakukan upaya lain setelah putusan sidang ini,” pungkas Adam. (Pin)