Ragam Pangan di Gorontalo Utara, Bupati: Tidak Selalu Bergantung ke Beras

Ragam Pangan di Gorontalo Utara, Bupati: Tidak Selalu Bergantung ke Beras

19/11/2020 09:50 0 By Maman

FGD Ketahanan Pangan

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menghadiri FGD Memperkuat Ketahanan Pangan di Gorontalo Utara. (foto:hms)

Hulondalo.id – Masyarakat Gorontalo selama ini beranggapan, jika belum makan nasi, artinya belum makan. Padahal kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, pangan tidak selalu tentang beras. Di Gorontalo Utara kata dia, banyak dan beragam pangan yang bisa dikonsumsi, tidak selalu beras.

Untuk mewujudkannya, ragam pangan kata Bupati, perlu dikembangkan. Perguruan tinggi kata Bupati, akan digandeng mencari solusi dengan berbagai macam inovasi, menjadikan bahan pangan lainnya seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayur dan umbi-umbian lebih menarik.

“Bicara masalah ketahanan pangan, maka itu ada kaitannya dengan masalah makan,” kata Bupati usai membuka FGD tentang Ketahanan Pangan Gorontalo Utara di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Selasa (17/11/2020).

Bupati mengatakan, bakal mengajak kerja sama UNG dan Pemprov Gorontalo untuk mengembangkan ini. Agar ragam ketahanan pangan ini bisa dinikmati oleh masyarakat, dan tidak bergantung pada beras.

“Pelan-pelan kita kurangi, karena ada pangan lain yang boleh konsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Dengan berbagai inovasi menjadikan ragam pangan ini sangat menarik, seperti lomba menu. Bupati juga meminta agar halaman atau pekarangan rumah masyarakat, tidak dibiarkan kosong. Halaman kata Bupati, bisa ditanami berbagai tanaman yang boleh dikonsumsi, dan dapat diambil setiap saat oleh masyarakat. (Prin/Adv)