Raih Gelar Doktor di Jepang, Ini Pesan Wabup Thariq untuk Dr. Indri Afriani Yasin, S.Pi, M.Agr Phd

Raih Gelar Doktor di Jepang, Ini Pesan Wabup Thariq untuk Dr. Indri Afriani Yasin, S.Pi, M.Agr Phd

16/10/2020 18:06 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama Dr. Indri Afriani Yasin S.Pi, M.Agr, Phd, dan suaminya Siswan Ahudulu. (foto:hms)

Hulondalo.id – Dr. Indri Afriani Yasin, S.Pi, M.Agr Phd. Setelah sukses meraih gelar Doktor di Universitas Ehime, Jepang, perempuan kelahiran Bongomeme Gorontalo tahun 1987 ini, berbagi pengalaman sekaligus diskusi dengan Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.

Iin, sapaan akrabnya, tak datang sendiri. Dia ditemani suaminya, Siswan Ahudulu dan ketiga anak mereka saat diterima Wabup diruang kerjanya, Kamis (15/10/2020). Banyak hal dibahas dan didiskusikan saat itu, khususnya dalam upaya memacu pembangunan di Gorontalo Utara.

“Banyak hal yang kami diskusikan, banyak juga pengetahuan baru yang saya terima, terutama bagi pembangunan daerah,” ungkap Wabup.

Iin dan suaminya diakui Wabup, merupakan adik binaannya saat masih di jenjang pendidikan S1 di Gorontalo. Setelah dapat informasi, pasangan ini kembali ke Gorontalo, Wabup merasa ini momen tepat untuk berdiskusi, termasuk mengetahui perkembangan studi dan juga bidang keilmuan yang didalami.

“Saya tahu sebelumnya, program studi dari Iin ini lebih khusus soal kelautan perikanan, karena itu saya undang, diskusikan hasil-hasil studi dalam rangka pengembangan daerah dan potensi di Gorontalo Utara,” terangnya.

Wabup juga meminta kesediaan pasangan suami istri ini, membantu kedepan terkait pengembangan potensi Gorontalo Utara. Sederet potensi Gorontalo Utara butuh pengembangan, khususnya perikanan yang melimpah.

“Kalau istrinya lebih kepada pengembangan perikanan, sementara suaminya juga aktivis yang sudah punya pengalaman baik di Gorontalo maupun di Jepang, dalam rangka konsep-konsep pemberdayaan masyarakat,” kata Wabup.

Wabup mengaku bangga dan apresiasi atas prestasi yang telah diraih kedua adiknya binaannya itu. Hebatnya lagi ketiga anak pasangan itu berbahasa Jepang.

“Tapi saya ingatkan orang tuanya agar mereka harus tetap bisa berbahasa Indonesia,” tuturnya.

Iin yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) ini, memiliki Magister (S2) Fish Physiology and Reproductive dan, Doktor (S3) Bioresourse Production Science Prodi: Fish Phisiology and Reproductive. (Prin/Adv)