Raker Bersama Mitra Kerja Diawal Tahun, Ini Kata Hamzah Sidik

Raker Bersama Mitra Kerja Diawal Tahun, Ini Kata Hamzah Sidik

18/01/2021 21:10 0 By Maman

Raker Komisi II Gorontalo Utara dan OPD

Komisi II DPRD Gorontalo Utara menggelar rapat kerja bersama OPD. (foto:prin)

Hulondalo.id – Sejumlah poin penting disampaikan Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik, dlam Rapat Kerja Komisi III DPRD Gorontalo Utara. Antara lain, mendorong agar penerbitan Surat Keputusan (SK) dalam pengelolaan dan pemanfaatan anggaran, segera direalisasikan.

“Ada dua hal yang kita dorong terkait administrasi dan personalia,” kata Hamzah, Senin (18/1/2021).

Untuk administrasi kata Hamzah, seperti penerbitan terkait SK baik itu, SK Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pengguna Anggaran (PA) dan lainnya. Termasuk kata dia, SK diinternal pemerintah daerah, antara lain SK PPTK, Penerima Barang, dan Bendahara.

“Dua hal itu yang kita dorong, supaya cepat selesai, jangan nanti saat akan running tapi ini belum beres di administrasi, kemudian juga dipersonal tidak ada, mungkin ada yang mengundurkan diri, ada yang tidak mau jadi bendahara, itu yang kita pastikan,” terang Hamzah.

Ini dilakukan kata Hamzah, agar anggaran cepat penyerapannya. Kalau penerapannya di injury time, yang merasakan dampaknya Kepala Badan Keuangan. Jika diawal tahun 2021 ini, pengawasan DPRD maksimal, mungkin di bulan November 2021, penyerapan hampir selesai, jika perlu 100%.

“Kasihan keuangan ini sampai tanggal 31 November masih kerja, kasihan badan keuangan, kita tidak mau itu terjadi, kita mau mungkin di November atau diminggu pertama di Desember, sudah selesai semua urusan-urusan keuangan,” ujarnya.

Dalam raker itu juga, Hamzah mengungkap tentang, perubahan beberapa regulasi yang membuat beberapa OPD bingung. Perubahan ini kata dia, perlu ditindak lanjuti dengan konsolidasi internal khususnya, hal yang bersifat teknis.

Progresnya lanjut Hamzah, akan dilihat pekan depan, apakah sudah bagus atau tidak. Dalam rapat tersebut kata dia, ada beberapa OPD yang sama sekali belum menyelesaikan penginputanya.

DPRD juga kata dia, tidak mengintervensi. DPRD hanya ingin memastikan bahwa, anggaran yang sudah disepakati bersama di tahun 2020, bisa segera dieksekusi di tahun 2021.

Sesuai rencana, pekan depan akan ada pertemuan lagi. OPD diminta membawa DPA masing-masing. (Prin/Adv)