Rakorev Pemkot Gorontalo 2020, Walikota: Tahun Ini Kinerja Lebih Dipacu

Rakorev Pemkot Gorontalo 2020, Walikota: Tahun Ini Kinerja Lebih Dipacu

13/01/2021 06:02 0 By Maman

Rakorev Tahun 2020 Walikota Marten

Walikota Gorontalo, Marten Taha memimpin Rakorev Program dan Kegiatan Pembangunan tahun 2020 melalui video conference. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kinerja seluruh OPD dilingkup Pemkot Gorontalo, diminta Walikota Gorontalo, Marten Taha, agar lebih dipacu dibandingkan tahun 2020. Data yang ada menyebutkan ditahun 2020, realisasi fisik mencapai 90,01% da keuangan, 88,02%.

Dalam Rakorev Pemkot Gorontalo Selasa (12/1/2021), Walikota mengatakan, realisasi yang mengalami penurunan ini, disebabkan pandemi Covid-19. Untuk mengantisipasinya, Walikota mengingatkan kepada OPD, utamanya instansi dan penanggung jawab program dan kegiatan, lebih fokus pada pencapaian kinerja.

“Serta akuntabilitas dari setiap kegiatan yang telah direncanakan dan akan dilaksanakan pada tahun ini,” kata Walikota dalam rakorev yang digelar melalui Video Conference.

“Lebih serius dan bersungguh-sungguh melaksanakan akselerasi program pembangunan dan mengikuti berbagai perkembangan informasi,” tambahnya.

Proses mengakselarisi pembangunan kata Walikota, wujud upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata. Baik dalam aspek pendapatan dan kesempatan kerja, sehingga sesuai dengan harapan dan target yang sudah direncanakan.

Upaya percepatan dan pengendalian pelaksanaan pembangunan, Pemkot Gorontalo kata Walikota, telah menggunakan aplikasi E-Monep. Aplikasi ini mencatat progres realisasi baik fisik maupun keuangan.

“Ada OPD yang realisasinya diatas 90%, ada juga yang OPD dan unit kerja realisasinya dibawah 90%,” ungkap Walikota.

Kondisi itu kata dia, harus dievaluasi. Apa penyebab pencapaian target program dan kegiatan yang sudah direncanakan diawal tahun lalu tidak direalisasikan. (MG04)