Ramadhan 2021, Pasar Senggol Dan Festival Tumbilotohe Ditiadakan

Ramadhan 2021, Pasar Senggol Dan Festival Tumbilotohe Ditiadakan

22/04/2021 20:30 0 By Syakir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Hulondalo.id – Perang melawan penyebaran Covid-19 sudah masuk tahun kedua. Sama seperti sebelumnya, Ramadhan tahun ini, pemerintah masih memberlakukan sejumlah pembatasan. Seperti gelaran pasar senggol hingga festival tumbilotohe yang sepakat untuk ditiadakan.

Keputusan itu disepakati antara Gubernur Gorontalo bersama unsur Forkopimda serta bupati dan walikota dalam rapat yang dipimpin Gubernur secara virtual, Rabu (22/4/2021)

“Kita sangat perhatian juga kepada masyarakat tapi mengingat pandemi covid-19 ini belum bisa kita kendalikan sampai sekarang, dan sampai saat ini semua unsur sudah capek bekerja. Jadi kita sepakat pak Walikota dan teman-teman bupati yang biasa melaksanakan pasar senggol di daerahnya masing-masing kita sepakat untuk tahun ini kita tiadakan dulu sama seperti tahun kemarin,” ungkap Gubernur.

Sedangkan Tumbilotohe yang sesuai tradisi digelar malam 3 malam jelang akhir Ramadhan, boleh digelar tapi di rumah masing-masing. Tidak boleh ada gelaran festival atau lomba, yang bisa mengundang kerumunan.

“Begitupula untuk pembatasan jam malam untuk pusat perbelanjaan yang menjual pakaian seperti Matahari, Karsa Utama dan distro-distro juga kita batasi hanya sampai pukul 21.00. Di setiap toko juga akan dijaga oleh TNI, Polri dan Satpol PP agar tidak terjadi penumpukan orang,” ujar Rusli.

Terakhir, mantan Bupati Gorontalo Utara itu berharap, semua pihak khususnya para pemangku kepentingan di wilayah masing masing, bisa memberikan pengertian kepada masyarakat, terhadap upaya dan langkah yang dilakukan pemerintah untuk penanganan penyebaran covid-19. (adv)