Ranperda Limbah Domestik, Hamzah Ingatkan Ini ke Pemda Gorontalo Utara

Ranperda Limbah Domestik, Hamzah Ingatkan Ini ke Pemda Gorontalo Utara

24/02/2021 20:24 0 By Maman

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik.

Hulondalo.id – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Hamzah Sidik menanggapi soal ranperda penyelenggaraan sistem pengelolaan air limbah domestik.

Meski ranperda itu diapresiasi, Hamzah mengaku fraksi Golkar meminta jaminan dari pemerintah daerah, terhadap eksekusi dari perda itu nanti.

Yang pertama kata Hamzah soal lahan. Menurutnya, dari sekian banyak fasilitas yang harus disediakan, soal lahan menjadi salah satu yang krusial.

Untuk yang satu ini kata Dia, pemerintah daerah harus berpegang pada aturan. Jangan sampai proses pengadaanya nanti melanggar standar operasional prosedur (SOP), seperti yang pernah diungkap Wakil Bupati Gorut beberapa waktu lalu.

“Tentu kami dari Fraksi Golkar mendorong terkait PERDA tersebut, sebab kami melihat sudah ada fasilitas seperti mobil tinja disini. Maka kamipun berharap fasilitas ini tidak akan rusak tanpa digunakan sebagaimana peruntukannya, karena lambatnya tindak lanjut setelah PERDA ini siap untuk dilaksanakan,” tegas Ketua Golkar Gorut itu.

Tidak hanya soal fasilitas. Hamzah juga mengingatkan soal pentingnya sosialisasi ke masyarakat, mengingat dalam ranperda itu memuat tentang sanksi, seperti tertuang dalam pasal 54 tentang larangan, dan pasal 55 untuk sanksinya.

“jangan sampai ada pelanggaran yang tak sengaja dilakukan oleh Masyarakat maupun lainnya dikarenakan minimnya pengetahuan akan perda itu,” tandasnya. (Prin/Adv)