Reakreditasi Puskesmas Dorong Kualitas & Fasilitas Layanan Kesehatan

14/11/2019 10:59 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menyambut Tim Reakreditasi Puskesmas dari Kemenkes RI. (hms)

Hulondalo.id- Reakreditasi yang dilakukan terhadap puskesmas, diharapkan bisa mendorong kualitas dan fasilitas layanan kesehatan yang lebih baik.

Menurut Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin, dari sekian puskesmas yang ada di Gorontalo Utara, baru satu puskesmas yang terakreditasi tingkat utama. Empat puskesmas lainnya berstatus madya. Sisanya, ditingkat dasar.

Sesuai rencana, ditahun 2019 ini, empat puskesmas diharapkan bisa naik ke tingkat utama dalam proses re-akreditasi. Empat puskesmas tersebut, Puskesmas Atinggola, Kwandang, Tolinggula, dan Sumalata.

Saat menyambut tim Reakreditasi dari Kementerian Kesehatan RI Rabu (13/11/2019), Sekda mengatakan, saran dan masukan sangat diharapkan bisa disampaikan oleh tim reakreditasi ini, demi peningkatan kualitas layanan maupun fasilitas kesehatan.

“Jika akreditasinya naik, maka tentu juga akan berpengaruh pada kualitas pelayanan dan fasilitas yang lebih baik,” kata Sekda.

Sesuai penyampaian ketua tim reakreditasi kata Sekda, untuk daerah-daerah yang sedang berkembang, punya tantangan tersendiri untuk naik pada akreditasi utama. Bahkan cenderung mengalami kesulitan.

Bagi Sekda, hal itu justru menjadi motivasi bagi dirinya bersama pemerintah daerah, khususnya dijajaran Dinas Kesehatan Gorontalo Utara.

Dukungan kata Sekda, juga akan terus diberikan kepada setiap puskesmas yang ada di Gorontalo Utara. Termasuk dukungan anggaran, jika kelak berdasarkan reakreditasi ini, empat puskesmas tersebut layak berakreditasi utama. (man/adv)