Realisasi Fisik dan Anggaran Pemprov Gorontalo Februari 2021 Capai Target

Realisasi Fisik dan Anggaran Pemprov Gorontalo Februari 2021 Capai Target

23/03/2021 17:23 0 By Alex

Ilustrasi serapan APBD (Istimewa)

Hulondalo.id – Realisasi fisik dan serapan anggaran Pemerintah Provinsi Gorontalo hingga bulan Februari 2021 cukup menggembirakan.

Ya, hingga Februari 2021 realisasi fisik sudah mencapai 10,37%. Sementara untuk realisasi keuangan mencapai 7,55% dari target sebesar 9,29%.

“Antara target dan realisasi yang kita capai ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Itu terbukti dari target tahun lalu di bulan Februari itu cuma 7,8% dan tahun ini 10,37%. Kemudian realisasinya sudah kelihatan yang lalu kita dapat 10%, tahun ini juga kita dapat 10%,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat rapat evaluasi Tahun Anggaran 2021, Selasa (23/3/2021).

Meski demikian, Darda berharap ada kehati-hatian dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berpengaruh pada backup data yang kurang cepat.

“Tapi ini sudah menandakan ada plan yang bagus karena tahun lalu targetnya itu cuma 4% sekian dan sekarang ada peningkatan menjadi 7%,” kata Darda.

Dia pun berpesan agar OPD saling mengingatkan dari atasan hingga dengan staf bahwa ada program dan kegiatan yang harus dikerjakan untuk mencapai target.

“OPD ini juga sudah luar biasa, kalau dulu saya harus mengingatkan realisasinya bagaimana, tapi sekarang sudah jarang karena setiap OPD sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Ini artinya teman-teman sudah care terhadap program dan kegiatan di OPD masing-masing,” katanya.

Sebelumnya berdasarkan data Biro P2E, dari 33 OPD Provinsi Gorontalo, ada 19 OPD telah melampaui target fisik dan keuangan sampai bulan Februari 2021.

Sementara masih ada 4 OPD telah mencapai realisasi fisik namun realisasi keuangan masih rendah, dan 10 OPD yang realisasi fisik dan keuangan masih di bawah target.(adv/alex)