Realisasi Program Lampaui Target, Begini Instruksi Wagub Selanjutnya

Realisasi Program Lampaui Target, Begini Instruksi Wagub Selanjutnya

15/03/2019 09:48 0 By Alex

wakil gubernur idris rahim serapan anggaran

Wakil Gubernur Idris Rahim saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi program kegiatan terkait realisasi program Pemerintah Provinsi Gorontalo hingga bulan Februari 2019

Hulondalo.id – Hingga Februari 2019, realisasi program dari Pemerintah Provinsi Gorontalo cukup positif, bahkan melampaui target.

Hal itu diukur dari realisasi fisik yang sudah mencapai 13,74% dan realisasi serapan anggaran sudah mencapai 10,22%. Padahal, Pemerintah Provinsi Gorontalo menargetkan realisasi fisik sebesar 9,26% dan realisasi serapan anggaran 5,42% pada Februari 2019.

Meski demikian, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengharapkan agar realisasi program Pemerintah Provinsi Gorontalo harus berdampak pada masyarakat.

“Realisasi program harus bisa mengukur benefitdan impact bagi kesejahteraan masyarakat,” pinta Wakil Gubernur Idris Rahim ketika memimpin rapat koordinasi dan evaluasi program, Jumat (15/3/2019).

Wakil Gubernur Idris Rahim juga menginstruksikan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo melakukan antisipasi terhadap kendala dalam pelaksanaan program kegiatan, baik itu yang bersumber dari APBD maupun APBN, terutama Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pada Maret ini, seluruh proses persiapan lokasi pelaksanaan program kegiatan harus sudah selesai. Dan bulan depan (April), sudah harus ada kontrak dan pencairan dana,” pinta Wakil Gubernur Idris Rahim yang didampingi Sekretaris Daerah Darda Daraba.

Khusus untuk DAK, Wakil Gubernur Idris Rahim meminta agar segera dikonsultasikan dokumen pendukungnya, seperti petunjuk teknis (Juknis) program dan kegiatan. Pasalnya, kendala itu biasa menjadi penghambat.

Sementara terkait program kegiatan yang bersifat bantuan atau stimulan, Wakil Gubernur Idris Rahim meminta agar prosesnya dipercepat sehingga bisa segera disalurkan untuk kepentingan masyarakat.

“Pengadaan bibit pertanian, perikanan dan peternakan, juga sarana produksi UMKM harus segera disalurkan kepada masyarakat,” pungkas dia.(usman)