Regional Meeting, Rektor: Kembangkan Potensi Ekonomi Desa di Kawasan Teluk Tomini

Regional Meeting, Rektor: Kembangkan Potensi Ekonomi Desa di Kawasan Teluk Tomini

09/06/2021 11:55 0 By Maman

Talkshow Regional Meeting Rektor Eduart

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST, MT mengikuti talkshow membahas pelaksanaan Regional Meeting. (foto:hms)

Hulondalo.id – Regional Meeting kata Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Eduart Wolok, ST,. MT, ajakan untuk maju bersama, serta mengembangkan potensi desa atau wilayah di kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara.

“Kita harus melepaskan semua sekat-sekat perbedaan wilayah, sektoral, kita mengendepankan terkait dengan kawasan, kita berada di satu kawasan, tentu dengan semangat bersama untuk maju secara bersama,” kata Rektor dalam Talk show Regional Meeting Teluk Tomini dan Maluku Utara Selasa (8/6/2021) malam.

Karenanya kata Rektor, adalah tepat momen ini mengundang seluruh kepala daerah yang di wilayah Teluk Tomini, bersama-sama mengambil kebijakan dalam mengembangkan potensi-potensi di wilayah tersebut.

Bicara Regional Meeting kata Eduart, bicara sebuah gagasan, master plan, yang nantinya kedepan dieksekusi bukan hanya habis dalam wacana saja. Budaya kebersamaan juga akan ditonjolkan, bersama masyarakat atau warga Teluk Tomini.

Rektor juga menjelaskan, kalau wilayah ini maju dan berkembang kedepan, tentu semuanya akan ikut tertarik. Kalau hanya berbasis 1 wilayah tertentu, akan berbeda daya saingnya ketika memperluas kawasan, dengan klusterisasi produk dengan keseragaman kepentingan, tentu ini akan lebih maksimal.

Revitalisasi Teluk Tomini dan Maluku Utara ini kata Rektor, mengacu pada wilayah. Sebagaimana diketahui, di kawasan timur Indonesia ini masih tertinggal, maka tentu akan berbeda ceritanya, 1 wilayah tertentu ingin maju ketika beberapa wilayah bergabung untuk maju bersama itu lebih mudah.

“Kita melihat, masih ada daerah di wilayah Teluk Tomini dan Maluku Utara yang masih dikategorikan cukup tertinggal, nah, dengan adanya revitalisasi, kita berharap untuk mengakselerasi percepatan ketertinggalan ini, disamping tentu kita akan melakukan klasifikasi keunggulan masing-masing daerah dan akan menjadi produk andalan di kawasan ekonomi khusus ini,” jelas Eduart.

Dia berharap, dalam pelaksanaan regional meeting, ada 1 pemahaman serta mendeklarasikan bersama seluruh stakeholder, untuk menyatakan maju dan berkembang bersama, berkontribusi kepada warga Teluk Tomini dan diluar kawasan teluk tomini ini yang maju berbasis pedesaan.

“Regional Meeting ini ibaratnya, kita masih membuka pintu rumah besar kita yang kita sebut Teluk Tomini dan Maluku Utara, maka tiada yang lain bisa membuat rumah ini menjadi lebih baik, indah dan nyaman untuk ditinggali selain kita semua,” ungkapnya.

“Mari dengan semangat kebersamaan seluruh masyarakat atau warga di wilayah ini agar bersinergi, bekerjasama untuk memajukan daerah kita secara bersamaan,” tambah Rektor. (Inkri/Adv)