Rekannya Dilapor ke Polisi, Ini Sikap Aliansi Wartawan Indonesia Tulungagung

Rekannya Dilapor ke Polisi, Ini Sikap Aliansi Wartawan Indonesia Tulungagung

03/11/2020 15:42 0 By Maman

AWI Tulungagung

Ketua DPC Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kabupaten Tulungagung, Zainul Fuad.

Hulondalo.id – DPC Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kabupaten Tulungagung mengambil sikap, setelah salah seorang wartawan media online dilapor ke polisi. Ketua DPC AWI Tulungagung, Zainul Fuad mengatakan, persoalan tersebut seharusnya menjadi kewenangan Dewan Pers.

“Kepolisian baiknya menunggu keputusan dewan pers, jangan dulu menerima laporan,” kata pria gondrong itu. Selasa (03/11/2020).

Fuad juga mengatakan, undang-undang pers telah mengatur soal pemberitaan dan alur sengketa jurnalistik. Undang-undang itu seharusnya dipahami dulu oleh pelapor. Organisasi wartawan yang dipimpinnya kata Fuad, akan memberikan dukungan moral terhadap rekan seprofesinya itu, dan akan mengawal penuh melalui advokasi non litigasi dan advokasi ligitasi bila diperlukan.

“Kalau sedikit-sedikit dilaporkan, ini bisa mencederai kebebasan pers dan terjadi pemberangusan terhadap pers,” imbuhnya.

Sementara itu, sebelumnya Senin (02/11/2020) salah seorang Ketua LSM dan wartawan media online dilapor ke Satreskrim Polres Tulungagung. Pelaporan ini karena wartawan media online tersebut memberitakan terkait ujian perangkat desa. (Sururi)