Rekapitulasi Pilkada Sulteng & Tolitoli Ditingkat PPK Selesai

Rekapitulasi Pilkada Sulteng & Tolitoli Ditingkat PPK Selesai

15/12/2020 11:07 0 By Maman

Rekapitulasi PPK Baolan

Suasana pelaksanaan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada Sulteng dan Tolitoli yang dilakukan PPK Baolan. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada Sulteng dan Tolitoli ditingkat PPK telah selesai. 10 PPK di Tolitoli kata komisioner KPU Tolitoli, Muhadir, sudah menghitung hasil pemungutan suara.

Muhadir mengatakan, rekapitulasi di 10 kecamatan sudah selesai. Dibeberapa kecamatan kata dia, ada saksi paslon yang tidak menanda tangani hasil rekapitulasi.

“KPU sudah memberikan instruksi kepada PPK, bagi yang tidak menandatangani hasil, segera memberikan formulir keberatan, agar rekapitulasi tetap berjalan sesuai regulasi yang berlaku,” ungkapnya.

Sejauh ini juga kata dia, KPU belum menemukan keberatan dari saksi yang sangat menyolok.

Sementara itu, Ketua PPK Baolan, Sangsar mengatakan, rekapitulasi telah dilakukan sejak Jum’at (11/12/2020). Dia mengatakan, rekapitulasi dilakukan terhadap 146 TPS yang tersebar di 6 kelurahan dan 4 desa.

Digelar di Aula Kantor Camat Baolan, rekapitulasi diawali dari Pilkada Sulteng selama 2 hari, kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi Pilkada Tolitoli. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat dalam rekapitulasi ini, dengan membatasi orang yang hadir seperti KPPS, PPK, PPS, saksi Paslon dan pihak keamanan.

“Selama rekapitulasi, tidak ada hambatan yang bisa merugikan berbagai pihak,” ungkapnya.

Rekapitulasi kata dia, berjalan tertib dan aman. Untuk kesamaan antara formulir C hasil KWK dan C hasil salinan KWK, tidak ada perbedan selisih dengan yang dipegang oleh saksi.

“Isu yang beredar, adanya penggelembungan suara juga belum ditemukan, dan tidak akan terjadi,” kata Sangsar.

Sangsar juga mengatakan bahwa, tim penyelenggara bekerja dengan sepenuh hati dan menjunjung integritas, sesuai regulasi. (Andis)