Relawan Joel-Said di Desa Gura Gotong Royong Bangun Badan Jalan

Relawan Joel-Said di Desa Gura Gotong Royong Bangun Badan Jalan

15/10/2020 19:08 0 By Maman

Relawan Paslon Joel-Said (JoS) Desa Gura Kabupaten Halmahera Utara, membangun badan jalan menuju pasar. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Relawan Joel-Said (JoS) Desa Gura Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, gotong royong membangun badan jalan menuju pasar Buale, sepanjang kurang lebih, 1 kilometer.

Gotong royong ini diantaranya program kegiatan yang canangkan tim pemenangan untuk membantu atau mempermudah akses masyarakat menuju pasar desa. Ketua Tim Pemenangan Paslon Joel-Said Desa Gura, Dony Tempomona mengatakan, ini kerja nyata tim untuk memenangkan paslon nomor urut 2, Joel-Said.

Dana yang dihimpun kata dia, swadaya tim. Keberadaan jalan ini sangat penting bagi warga dalam beraktivitas sehari hari.

“Ini aksi sosial warga Desa Gura membantu pemerintah desa, selain itu dengan dibukanya jalan ini, mempermudah masyarakat ke pasar Buale,” ungkapnya.

Warga sekitar juga, spontan berbaur membantu pembangunan jalan tersebut. Mantan Bupati Halmahera Utara dua periode, Hein Namotemo juga hadir saat itu. Hein mengakui, pembangunan badan jalan bentuk Gotong royong atau Hirono yang telah diwariskan nenek moyang orang Halmahera.

Karenanya, pembangunan badan jalan secara gotong royong ini, mengingatkan kepada warga untuk kembali pada budaya adat daerah ini. Jiko Makolano atau Pimpinan Adat yang juga panggilan akrab Hein, mengajak masyarakat untuk selalu membudayakan Hirono sebagai bagian dalam kehidupan sehari hari. (AT/rls)