Rencana Pembangunan Lapas di Gorontalo Utara, Sekda: Dekatkan Pelayanan Hukum

Rencana Pembangunan Lapas di Gorontalo Utara, Sekda: Dekatkan Pelayanan Hukum

17/07/2020 21:40 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin dalam pertemuan bersama Kepala Kanwil Kemenkum-HAM Provinsi Gorontalo Budi Sarwono. (foto:hms)

Hulondalo.id – Rencana pembagunan Lapas di Gorontalo Utara kembali dibahas. Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin mengatakan, pembangunan lapas tersebut nantinya untuk mendekatkan pelayanan kepada warga yang bermasalah hukum.

Dalam pertemuan bersama Kakanwil Kemenkum-HAM Provinsi Gorontalo Budi Sarwono, Jum’at (17/7/2020), Sekda menjelaskan, informasi yang disampaikan Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Gorontalo, warga binaan dari Gorontalo Utara di lapas kurang lebih 60 orang.

Jumlah ini kata dia, berkurang dari sebelumnya berkisar kurang lebih 80 orang. Artinya kata Sekda lagi, warga binaan dari Gorontalo Utara menurun. Tapi jangan nantinya ketika Lapas dibangun di Gorontalo Utara, jumlahnya akan bertambah.

“Sehingganya, pembangunan lapas sangatlah penting, apalagi di Gorontalo Utara juga sudah ada Polres, Kejaksaan bahkan Pengadilan juga akan ada,” kata Sekda usai menggelar rapat bersama Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo, di Aula Tinepo Kantor Bupati.

Ketika ada masalah hukum kata Sekda, nantinya akan sangat mudah melakukan pendampingan.

“Saat ini, ketika sidang di Pengadilan Negeri Limboto cukup jauh, begitu juga ketika warga yang mau besuk keluarga yang sedang ditahan jauh, mudah-mudahan ini akan segera terwujud,” sambungnya.

Sekda menambahkan lahan pembangunan lapas itupun akan disiapkan dan akan disesuaikan dengan Perda RTRW Gorontalo Utara. Lapas juga harus berada ditanah yang dapat dijadikan kebun, karena warga yang berada di lapas juga berkebun.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Gorontalo Budi Sarwono mengatakan, syarat mendirikan unit pelaksana teknis Rumah Tahanan (Rutan) atau Lapas, harus didukung beberapa hal. Diantaranya, tempat keamanan disekitarnya, fasilitas kesehatan atau rumah sakit, dan air yang cukup. (Prin/Adv)