Rencana Pembangunan STIKES di Pohuwato Sejalan Dengan Visi Sehat Maju Sejahtera

Rencana Pembangunan STIKES di Pohuwato Sejalan Dengan Visi Sehat Maju Sejahtera

02/11/2021 11:37 0 By Yadin

Konsultasi publik terkait pembangunan STIKES yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Senin (1/11/2021).

Hulondalo.id – Pemerintahan SMS (Saipul Mbuinga-Suharsi Igirisa) menyambut baik rencana pembangunan STIKES ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) di Kabupaten Pohuwato.

Rencana itu diawali dengan digelarnya konsultasi publik yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Senin (1/11/2021).

Bagi Wabup Suharsi, hadirnya perguruan tinggi STIKES akan membantu pemerintah daerah untuk menyiapkan SDM yang mumpuni di bidang kesehatan.

“Yang tadinya kita banyak mengeluarkan biaya untuk anak-anak menimbah ilmu khususnya dibidang kesehatan diluar daerah, ke depan ketika STIKES ini berdiri, Insya Allah mereka tidak disusahkan lagi untuk jauh-jauh keluar daerah,” tutur Suharsi sembari mengatakan, peningkatan kualitas SDM kesehatan sesuai dengan visi Sehat Maju Sejahtera (SMS).

Terpisah, Ketua Tim Penggagas pendirian Stikes Pohuwato, Hartati Inaku menyampaikan, pendirian STIKES juga untuk menjadikan Kabupaten Pohuwato sebagai center pendidikan kesehatan.

“Adapun jurusan yang akan dibuka nanti adalah jurusan yang tak ada di perguruan tinggi kesehatan se-Indonesia timur, yakni jurusan keperawatan anastesi itu hanya ada di Jawa, kemudian S1 radiologi, S1 Teknik Laboratorium Medis (TLM), dan jurusan transfusi darah,” ungkapnya. (yadin/adv)