Rencana Pembentukan Dinas Peternakan Provinsi Gorontalo, Kris: Kualitas Keilmuan SDM Diprioritaskan

Rencana Pembentukan Dinas Peternakan Provinsi Gorontalo, Kris: Kualitas Keilmuan SDM Diprioritaskan

26/05/2021 13:08 0 By Maman

Kunjungan DPRD Prov Gorontalo Dinas Pertanian

DPRD Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan ke kantor Dinas Pertanian Provinsi Gorontal. (foto:hms)

Hulondalo.id – Rencana pembentukan Dinas Peternakan Provinsi Gorontalo, menurut Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Kris Wartabone penting untuk memprioritaskan kualitas keilmuan SDM yang akan mengisi OPD ini.

Selama ini, peternakan bergabung di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo. Kepala dinasnya kata Kris,sudah mumpuni. Dia meminta, ketika Dinas Peternakan dibentuk, jangan sampai aparaturnya akan ke tempat lain. Sudah tidak sesuai tupoksi dan keilmuan yang dimiliki.

“Kita berharap, jika peternakan bediri sendiri menjadi OPD, diutamakan yang memahami tentang peternakan,” ungkap Kris di sela-sela kunjungan kerja ke kantor Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Ketua DPD PDIP Provinsi Gorontalo ini juga mengatakan, sudah saatnya sektor peternakan berdiri sendiri. Dulu, dijamannya Gubernur dijabat Fadel Muhammad, peternakan berdiri sendiri. Tapi dengan aturan undang-undang yang ada dikondisikan.

“Nah, ada ruang untuk itu, lebih memaksimalkan dinas peternakan dan pertanian supaya lebih ekstra kerja sesuai tupoksi, untuk merespon aspirasi seperti itu,” ucap Kris.

Kris juga mengatakan, OPD yang besar jangan dilihat dari total anggarannya. Apalagi jika sekitar 80-90% hanya operasional gaji dan segala macam. Sedangkan untuk program pemerintah, anggarannya kecil .

“Jangan terbuai dengan total anggaran yang besar, tapi implementasinya kecil, mudah-mudahan kedepan pemerataan APBD lebih progresif lagi demi kesejahteraan masyarakat Provinsi Gorontalo,” harapnya. (Inkri/Adv)