Respon Cepat Tim SAR Gabungan, Selamatkan Nelayan Saat Mesin Perahu Mati

Respon Cepat Tim SAR Gabungan, Selamatkan Nelayan Saat Mesin Perahu Mati

22/08/2021 13:32 0 By Maman

Evaluasi Mesin Perahu Nelayan Mati (2)

Tim SAR Gabungan saat melakukan evakuasi 7 nelayan yang mengalami mesin perahu mati di perairan Pulau Lampu Gorontalo Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Nasib baik dialami 7 nelayan asal Gorontalo Utara, saat mesin perahu yang ditumpangi mati. Tim Sar Gabungan berhasil mengevakuasi para nelayan di perairan Pulau Lampu Gorontalo Utara, Sabtu malam (21/8/2021).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, I Made Junetra, melalui Koordinator Pos SAR Kwandang, Aprianto Hurain mengatakan, tim menuju lokasi sekitar pukul 20.40 Wita menggunakan kapal KN SAR SAMBA 226, setelah sebelumnya menggelar Briefeng di Pelabuhan Kwandang.

Sekitar pukul 23.00 Wita, tim tiba dilokasi dan langsung melakukan evakuasi pada 7 nelayan masing-masing, Rizky, Badar, Tasrik, David, Ridwan, Reca dan Hiwi.

“Evakuasi berjalan lancar, begitu juga dengan 7 nelayan selamat dan langsung dibawa ke Pelabuhan Kwandang,” ujar Aprianto, Minggu (22/8/2021).

Aprianto juga bersyukur, cuaca dilokasi cerah, tinggi gelombang air laut juga hanya sekitar 0.25 centimeter, sehingga memudahkan proses evakuasi. Aprianto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yag terlibat dalam proses evakuasi tersebut seperti, unsur TNI, POLRI dan keluarga 7 nelayan.

Aprianto berharap, kejadian serupa tidak terulang. Karenanya, dia mengimbau kepada nelayan, jika pergi melaut atau memancing, untuk memperhatikan kesiapan alut saat dipakai.

“Tetap safety bawa alat apung seperti lifejacket dan lainnya, ini terkadang disepelekan,” tuturnya.

Aprianto juga meminta agar, nelayan melakukan koordinasi dengan instansi terkait jika melaut lebih dari 5 Nautika Mail. (Prin)