Retribusi Tahun 2021, Sekda Boalemo: Pemungutannya Lebih Dimaksimalkan

Retribusi Tahun 2021, Sekda Boalemo: Pemungutannya Lebih Dimaksimalkan

17/11/2020 07:26 0 By Maman

Rapat Evaluasi

Sekda Boalemo, Sherman Moridu menghadiri Rapat Bersama Pimpinan OPD terkait evaluasi. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pemungutan retribusi diberbagai sektor diminta Sekda Boalemo, Sherman Moridu, agar lebih ditingkatkan dibanding tahun ini. Baik itu sektor pariwisata maupun lainnya, dalam upaya menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) Boalemo ditahun 2021.

Saat memimpin Rapat Bersama Pimpinan OPD dengan agenda evaluasi hasil pembahasan KUA-PPAS Tahun 2021, antara TAPD dengan Banggar DPRD Boalemo, Sekda mengakui bahwa, PAD Boalemo ditahun ini mengalami penurunan, dampak wabah Covid-19.

“Tahun 2021, dan ini juga sudah dibahas dalam rapat, antara lain Dinas Pariwisata, agar lebih menggenjot retribusi di obyek wisata, termasuk dalam penggunaan fasilitas dan sarana prasarana di obyek wisata oleh pengunjung,” kata Sekda, Senin (16/11/2020).

Potensi pariwisata berupa garis pantai terpanjang ketiga di Indonesia, memberi peluang bagi daerah ini, untuk meningkatkan penerimaan bagi daerah.

OPD lainnya seperti, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Sekda juga mengingatkan terkait optimalisasi retribusi pasar dan kios. Masih dalam kesempatan yang sama, Sekda juga menyebut Dinas Perkimhubtan terkait dengan uji kendaraan serta peningkatan retribusi parkir.

“PAD pada Dinas Perikanan dan Kelautan, terkait pemanfaat tempat pelelangan ikan, kemudian PAD di Dinas PUPR berupa penyewaan alat berat, PAD di Dinas Kominfo terkait retribusi menara yang terinformasi belum dilakukan pemungutan pajak,” ungkap Sekda.

Dalam rapat tersebut, Sekda juga mengungkap pencapaian target indikator pada RPJMD, dan 14 program Bupati. Antara lain, ketersediaan guru bahasa Inggris, bahas Arab dan guru ngaji.

Sementara itu, terhadap penggunaan APBD tahun 2021 kata Sekda, akan memprioritaskan progam dan kegiatan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. (man/adv)