Revitalisasi Danau Limboto, Sofyan: Bisa Dikembangkan untuk Destinasi Wisata

Revitalisasi Danau Limboto, Sofyan: Bisa Dikembangkan untuk Destinasi Wisata

10/03/2021 20:43 0 By Maman

DPRD Provinsi Revitalisasi Danau Limboto

DPRD Provinsi Gorontalo saat berkunjung melihat prgoram revitalisasi Danau Limboto. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Program revitalisasi Danau Limboto kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi, bisa terkoneksi pada program pengembangan sektor pariwisata.

Sektor pariwisata antara lain, terkoneksi dengan Museum Pendaratan Soekarno di Desa Iluta Kabupaten Gorontalo.

“Kendalanya berupa keberadaan gulma disekitar danau yang sangat banyak, namun ini ada kesinambungan dengan Balai Wilayah Sungai,” ungkap Sofyan, Rabu (10/3/2021).

“Kita menunggu tindak lanjut dari BWS Sulawesi II, mereka programkan tahun ini akan selesai, sehingga, Insya Allah tahun depan, kita fokus pada program pekerjaan yang lain,” tambah Sofyan.

Sofyan juga mengatakan, kawasan sekitar Danau Limboto, gulma dan sebagiannya akan tetap dipertahankan. Sebab kata dia, gulma menjadi nilai ekonomi dari sisi bahan baku kerajinan oleh masyarakat sekitar.

“Pengelolaan danau Limboto akan terpadu, baik sedimentasinya, hulu hilirnya sampai bendungannya dan nilai ekonomisnya terorganisir dengan baik,” imbuhnya.

“Dan di tahun 2023 akan tuntas dan terlihat penyelesaian pekerjaan, sebab konektivitas pemerintah daerah itu sangat di perlukan,” ungkap Sofyan.

Sementara itu, PPK Danau Situ dan Embung BWS Sulawesi II, Wempi Waroka menjelaskan, program prioritas yang disampaikan DPRD Provinsi Gorontalo sudah dibangun sejak 2014, dan akan segera di selesaikan tahun ini.

“Seperti pembangunan kanal, sehingga pintu tapodu sudah bisa difungsikan untuk mengantisipasi air danau surut seperti 2015 silam,” kata Wempi.

“Sekarang sudah musim kemarau, seharusnya air danau tersebut sudah bisa kita tahan tidak keluar lagi ke Hilir,” tandasnya. (MG01/Adv)