Ritual Mandi Safar, Bupati: Semoga Virus & Penyakit Hilang Dibawa Air

Ritual Mandi Safar, Bupati: Semoga Virus & Penyakit Hilang Dibawa Air

15/10/2020 11:35 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin saat menghadiri pelaksanaan Mandi Safar di Atinggola. (foto:hms)

Hulondalo.id – Ritual Mandi Safar kembali digelar tahun ini di Kecamatan Atinggola Gorontalo Utara. Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin berharap, momen ini bisa membuat virus dan penyakit hilang dibawa air sungai Andagile Atinggola.

“Dengan harapan atas kehendak Allah, maka virus dan penyakit yang ditimpakan kepada manusia, dengan satu kepercayaan akan habis dengan aliran air,” ujar Bupati, saat membuka ritual Mandi Safar di Desa Buata Kecamatan Atinggola, Rabu (14/10/2020).

Bupati mengatakan, mandi safar merupakan salah satu ritual untuk menolak bala. Masyarakat kata Bupati, ditengah pandemi ini sudah berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun juga perlu ada ikhtiar, seperti memakai masker, menjaga jarak dan lain sebagainya.

“Kita sudah berdoa kepada Allah, tapi sekarang apa tindakan manusia, yakni seperti tadi ikhtiar dengan mentaati anjuran pemerintahan mentaati protokol kesehatan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati juga meletakkan batu pertama pengembangan panggung untuk wisata mandi safar di Desa Buata.

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu memberikan ceramah agama pada kegiatan mandi safar di Kecamatan Sumalata. (foto:hms)

Ditempat berbeda, ritual ini juga dilaksanakan di Pantai Milango, Desa Hutokalo Kecamatan Sumalata yang dihadiri dan dibuka langsung Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.

Wabup mengatakan, mandi safar di Kecamatan Sumalata diwarnai dengan beberapa kegiatan diantaranya, ceramah agama, juga beberapa lomba seperti lomba acak huruf Hijaiyah dan masih banyak lagi.

“Kegiatan ini juga menandai pelaksanaan kegiatan atau upaya dari pemerintah Desa Hutokalo untuk menjadikan Pantai Milango sebagai sarana pariwisata yang prospektif di wilayah Sumalata,” ucap Wabup. (Prin/Adv)