RS Iwan Bokings Disiapkan jadi Isolasi Covid-19

RS Iwan Bokings Disiapkan jadi Isolasi Covid-19

31/03/2020 23:31 0 By Maman

Bupati Boalemo Darwis Moridu mengajak aparatur sebagai teladan mengantisipasi dan mencegah dini penyebaran Covid-19 di Bumi Boalemo. (foto;hms)

Hulondalo.id – Langkah antisipasi penanganan pasien covid-19, Pemkab Boalemo tengah menyiapkan Rumah Sakit (RS) Ir. Iwan Bokings MM (eks RS Pratama Paguyaman,red) sebagai lokasi alternatif isolasi.

Hal itu disampaikan Bupati Boalemo Darwis Moridu melalui Wabup Anas Jusuf, Selasa (31/3/2020). Menurut dia, langkah antisipasi penyiapan ruang isolasi semata-mata untuk penanganan secara total. Itupun, ketika terdapat pasien terjangkit atau positif Covid-19.

“Namun, kami sangat berharap agar seluruh masyarakat Kabupaten Boalemo terus berikhtiar dan selalu berdoa sesuai keyakinan dan agama masing-masing agar Boalemo dan Provinsi Gorontalo terus menerus terhindar dari wabah Covid-19,” ucap Anas Jusuf.

Lanjut dia mengatakan, kesiapan ini juga mempertimbangkan ketersediaan fasilitas dan sarana yang ada. Paling tidak, ada 2 sampai 3 ruangan direncanakan khusus isolasi.

Kendati begitu, pihaknya bersama Bupati Darwis Moridu dibantu seluruh stakholder, unsur Forkopimda dan semua elemen warga terus berupaya keras melakukan pencegahan dengan berbagai langkah kongkrit.

“Bahkan, Bupati Darwis Moridu sendiri tak ketinggalan melakukan evaluasi dan sosialisasi ke wilayah desa dan kecamatan soal pencegahan covid-19, termasuk, rencana mengadakan kunjungan ke kecamatan guna menyerahkan bantuan fasilitas APD bagi para tenaga medis di sejumlah gugus tugas yang dibentuk per kecamatan,” terang Anas Jusuf.

Sementara itu, untuk fasilitas isolasi khusus penanganan pasien status Orang Dalam Pemantuan (ODP) tengah disiapkan Pemda dengan membangun tenda di depan gedung RSUD Tani dan Nelayan (RSTN) Kabupaten Boalemo. (Yadin/Adv)