RS MM Dunda Punya Alat Endoskopi, Wabup Hendra Harap Peningkatan Kualitas Layanan

RS MM Dunda Punya Alat Endoskopi, Wabup Hendra Harap Peningkatan Kualitas Layanan

08/04/2021 23:17 0 By Syakir

Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto bersama Direktur Rumash Sakit MM Dunda, dalam launching alat endoskopi, Kamis (8/4/2021).

Hulondalo.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MM Dunda Limboto, kini memiliki alat Endeskopi. Launcing penggunaan alat medis itu, dilakukan Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto, Kamis (08/04/2021).

“Dengan adanya alat endoskop ini pelayanan di RSUD MM Dunda Limboto lebih meningkat lagi. Apalagi RSUD ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ada di Kabupaten Gorontalo,”kata Hendra.

Masih kata Dia, alat endoskopi tersebut digunakan para dokter untuk memeriksa kelainan yang muncul di saluran pencernaan manusia. Bentuknya seperti tabung atau selang panjang, tipis, dan lentur yang dilengkapi kamera dan senter pada bagian ujungnya.

“Jadi, alat itu untuk mendeteksi kelainan di saluran cerna. Kamera dan senter itu, kata Direktur RSUD MM Dunda Limboto berguna untuk melihat keadaan organ tubuh manusia, dan gambarnya akan ditampilkan pada layar monitor,” ungkap Hendra.

Sementara itu, Direktur RSUD MM Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo mengatakan, alat pemeriksaan endoskopi tersebut diberikan oleh pemerintah pusat melalui Dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BABUN). Untuk Provinsi Gorontalo baru dua Rumah Sakit yang memilikinya.

“Dua rumah sakit itu yakni, RSUD MM Dunda Limboto, dan satunya lagi ada di RSUD Aloe Saboe,” ungkap Irawan.

Ketua IDI Kabupaten Gorontalo itu menambahkan, keberadaan alat pemeriksaan endoskopi ini telah menambah jumlah alat medis yang tergolong canggih di RSUD MM Dunda Limboto. Pihaknya pun terus berinovasi dalam rangka menunjang upaya Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam program dua kali lebih gemilang.

“Sebelumnya di RSUD MM Dunda juga telah membuka Pelayanan Athroscopy untuk pasien yang mengalami masalah pada persendian,” tandas Irawan. (opin)