RSUD Srengat Kabupaten Blitar Diresmikan, Senin Mulai Beroperasi Layanan Gratis

RSUD Srengat Kabupaten Blitar Diresmikan, Senin Mulai Beroperasi Layanan Gratis

13/09/2020 14:29 0 By Maman

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Blitar, Rijanto meresmikan RSUD Srengat. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – RSUD Srengat Kabupaten Blitar akhirnya diresmikan, Sabtu (12/09/2020). Peresmian dilakukan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM.

“Mulai Senin, pelayanan kesehatan di rumah sakit ini dibuka, meliputi poli dan ICU, pelayanan juga tidak dipungut biaya atau gratis,” kata Bupati.

Pelayanan gratis ini kata Bupati, lantaran Perda tentang Retribusi Jasa Umum (RJU) belum disahkan. Namun kata dia, pelayanan bagi pasien BPJS juga belum bisa diberikan, karena belum ada kesepakatan kerjasama dengan BPJS.

“Dalam waktu dekat, semua persiapan untuk pelayanan secara umum akan tuntas, sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, RSUD Srengat sudah dilengkapi dengan laboratorium PCR dan ICU Tekanan Negatif. Fasilitas ini belum bisa difungsikan karena menunggu tim analisis Dinkes Provinsi Jawa Timur.

Gubernur juga mengatakan, di lantai dua RSUD ini juga dilengkapi ruangan Negative Pressure. Nantinya, kalau sudah ada Perbup atau Keputusan Bupati tentang RJU, rumah sakit bisa menjadi rujukan untuk melayani pasien Covid-19.

“Setelah itu, akan segera mendapat support berupa ventilator,” ujar Gubernur.

Khofifah juga menambahkan, ketersediaan ventilator sudah siap di Pemprov Jatim. Karena kata dia, didukung Kemenkes bagi rumah sakit rujukan yang masih membutuhkan, dengan syarat ada dokter spesialis anestesinya. (Anang)