Rumah Pasutri Ini Terbakar, Uang Tunai Puluhan Juta pun Jadi Abu

Rumah Pasutri Ini Terbakar, Uang Tunai Puluhan Juta pun Jadi Abu

11/01/2019 15:34 0 By Alex

Petugas Damkar BPBD Kabupaten Gorontalo saat berusaha memadamkan sisa-sisa api yang menghanguskan rumah milik warga di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.

Hulondalo.id – Malang nian nasib yang menimpa pasangan suami isteri (Pasutri) Yamim Umar (64) dan Fatimah Ahaya (54) ini.

Rumah mereka yang berlokasi di Dusun IV Talumodungga, Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo ludes terbakar, Jumat (11/1/2019).

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 09.25 Wita. Saat itu sang pemilik sedang tidak berada di rumahnya. Yamin yang berprofesi sebagai petani ini, saat itu sedang mengikat ternak di kebun miliknya. Namun ketika kembali, pria baya tersebut melihat ada kepulan asap dengan api yang mulai membesar keluar dari jendela kamar rumahnya.

Rumah milik pasutri Yamim dan Fatimah di Dusun IV Talumodungga, Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo yang rata dengan tanah akibat peristiwa kebakaran.

Seketika itu juga, warga berbondong-bondong berusaha memadamkan api tersebut, termasuk menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gorontalo. Namun karena rumah itu semi permanen yang sebagian besar berbahan kayu, api cepat membesar dan melahap rumah.

Sekitar 15 menit kemudian, 3 unit mobil Damkar dengan 11 personel tiba di lokasi dan langsung memadamkan api yang semakin membesar. Dibantu unsur kepolisian, aparat pemerintah kecamatan dan masyarakat sekitar, tak lama kemudian si jago merah berhasil dipadamkan.

“Jadi dugaan sementara, api dipicu karena adanya hubungan pendek arus listrik (korslet),” ujar Kepala Unit Damkar BPBD Kabupaten Gorontalo, Farid Taha, usai kejadian.

Pemilik rumah dibantu warga sekitar pun berusaha mencari sisa-sisa dokumen yang bisa diselamatkan, harta benda, termasuk uang tunai Rp 20 Jutaan yang ikut terbakar.

Akibat kebakaran tersebut, tidak banyak harta benda yang berhasil diselamatkan oleh Yamim dan Fatimah. Bahkan termasuk uang tunai Rp 20 Jutaan yang disimpan di dalam rumah pun ikut jadi abu akibat peristiwa kebakaran tersebut.

“Jadi yang terbakar 1 rumah permanen, uang tunai Rp 20 Jutaan, 1 unit kulkas, genset 3.000 Watt, 2 tabung gas elpiji 3Kg, 1 unit sensor dan 2 lemari. Korban jiwa nihil,” begitu kata Farid.

Setelah peristiwa itu, unit Damkar BPBD Kabupaten Gorontalo pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang seputar pencegahan kebakaran.(hl/alex)