Rumah Tahfidz Imam Muzani, Rumah Qur’an Bersanad di Boalemo 

Rumah Tahfidz Imam Muzani, Rumah Qur’an Bersanad di Boalemo 

30/08/2021 09:37 0 By Syakir

Pembelajaran di Rumah Tahfidz Imam Muzani, Kabupaten Boalemo.

Hulondalo.id – Yayasan Imam Syafi’I kabupaten Boalemo menjadi tempat terbaik untuk mencetak para generasi-generasi Qur’an. Di yayasan itu, memiliki dua tempat pendidikan Qur’an yang berada di daerah bertajuk damai bertasbih.

Kepada Hulondalo.id, Pimpinan Yayasan Imam Syafi’I, Robiyanto Ibrahim Al-Guruntaliy, mengatakan Yayasan ini memiliki dua lembaga pendidikan, yaitu Rumah Tahfidz Imam Muzani di Desa Potanga, Kecamatan Botumoito, dan Rumah Tahfidz Imam Ar-Rofi’I di Desa Piloliyanga, Kecamatan Tilamuta.

“Kami buat lembaga pendidikan ini tujuannya hanya satu, yaitu kami ingin mencetak generasi-generasi Qur’an yang ada di Kabupaten Boalemo, dan juga sudah membuka cabang di daerah lain” ungkapnya saat di wawancara di Rumah Tahfidznya, Ahad (29/8/2021).

Kata Ustad Robiyanto, Rumah Tahfidz Imam Muzani merupakan satu-satunya Rumah tahfidz di Boalemo yang telah memprogramkan kegiatan pengambilan sanad kepada para santri-santrinya.

“Jadi, sanad ini merupakan suatu legalitas seseorang ketika ia memiliki prestasi yang tinggi dalam bacaan Al-Qur’an, karena sanad itu adalah keberkahan ilmu seseorang, dan sanad kata Rasulullah merupakan bagian dari agama. Sehingga, seseorang yang tidak memiliki sanad, maka di ragukan keilmuannya,” tutur Anggota Dewan Fatwa Mui Boalemo itu.

Selain itu, Ustad Robiyanto juga menyampaikan, para pengajarnya merupakan para Qori dan Qoriah Nasional dan sudah mencetak prestasi untuk santri-santrinya.

“Diantara pengajar ada Ustadzah lilan S.H Pulu, Qoriah wakil Provinsi Gorontalo Tahun 2010 dan 2018. Begitupun santri-santri kami, Tahun 2019 juara 2 provinsi Gorontalo hafalan 1 juz, dan saat ini memiliki santri hafalan 13 Juz, dan kami mendapat hadiah umroh dari Bupati Boalemo, pak Darwis Moridu,” terangnya.

Rumah Tahfidz yang mendapat pembimbingan langsung dari Qori dan Qoriah bersanad ini, mendapat dukungan penuh dari Sekertaris Daerah Boalemo, Sherman Moridu.

Dukungan itu di sampaikan Sherman, sebab keunggulan Rumah Tahfidz Imam Muzani di isi oleh para pengajar-pengajar yang sudah berpengalaman dengan MTQ. (Rifal/Adv)