Rusli Habibie Dinilai Punya Karakter Kuat sebagai Pemimpin

Rusli Habibie Dinilai Punya Karakter Kuat sebagai Pemimpin

23/09/2019 13:17 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat berinteraksi dengan seorang ibu rumah tangga pada kegiatan pasar murah di Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, Rabu (18/9/2019).

Hulondalo.id – Sebagai seorang Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dinilai memiliki karakter kuat sebagai seorang pemimpin. Juru Bicara Gubernur, Noval Abdussamad menjelaskan, karakter Gubernur Rusli Habibie itu melihat, mendengar, melayani, humanis dan disiplin.

Dikatakan Noval, tingginya intensitas Gubernur Rusli Habibie karena ingin melihat langsung keadaan rakyatnya, mendengar keluhan rakyat termasuk menerima masukan-masukan dari rakyatnya sendiri. Itu karena Gubernur menyadari rakyatlah pemegang daulat yang sebenarnya. Dengan demikian saat itu pula kebijakan pro rakyat bisa segera diambil.

“Pak Rusli sebagai gubernur sering mengunjungi rakyatnya. Hal ini dimaksudkan agar perasaan rakyat langsung bisa dirasakan. Contohnya, pada kegiatan pasar murah, Pak Rusli dalam tiap kesempatan berdialog dengan rakyatnya, menerima keluhan dan harapan rakyat kepada Pak Rusli,” ujar Noval.

Noval menuturkan, sifat humanis Gubernur Rusli banyak menjadi perbincangan publik. Tak jarang bahkan Gubernur menyapa rakyat terlebih dahulu, berdiskusi, bercanda dan yang paling diingat orang adalah tidak mudah lupa.

“Saya banyak bertemu dengan masyarakat gorontalo, saat bercerita mengenai Pak Rusli yang disampaikan mereka adalah Pak Rusli tidak pernah berubah meski sudah menjadi pejabat publik, selalu bisa merakyat dan tidak menciptakan jarak antara pejabat dan rakyatnya, tidak mudah lupa, bahkan sahabatnya yang sudah lama tidak pernah bertemu tidak dilupakannya begitu saja, bertemu dimana saja pasti Pak Rusli selalu menyapa terlebih dahulu sahabat-sahabatnya,” terang Noval.

Tidak lupa juga Noval menyampaikan bahwa dalam kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie, semua orang paham bahwa disiplin adalah hal yang sulit mendapatkan toleransi.

“Soal disiplin bisa dilihat dari efektifitasnya memimpin Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Ini contoh sangat baik bagaimana seorang pemimpin dihargai dan dihormati dalam kepemimpinannya apalagi menyangkut kebijakan untuk rakyat, melakukan evaluasi dan monitoring terhadap setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Pak Rusli juga tidak pernah memaksakan kehendaknya dengan menggunakan kekuasaan yang dipegangnya,” tutup Noval.(Rinto)