Sabar… PPKM di Gorontalo Lanjut Hingga 6 September

Sabar… PPKM di Gorontalo Lanjut Hingga 6 September

25/08/2021 15:23 0 By Syakir

PPKM Level 3 Kota Gorontalo

Penyekatan di Jembatan Telaga, perbatasan antara Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo, saat PPKM Level 3. (doc)

Hulondalo.id – Meski perlahan kasus covid-19 mulai turun, namun berdasarkan penilaian pemerintah pusat, status Provinsi Gorontalo masih berada di level 3. Itu artinya, pemberlakukan PPKM masih akan diperpanjang, mulai 24 Agustus hingga 6 September mendatang.

Ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 37 tahun 2021, tentang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, level 3, 2 dan 1. Serta optimalisasi posko penanganan covid-19 di tingkat desa.

“benar, PPKM untuk Provinsi Gorontalo diperpanjang sampai 6 September oleh pemerintah pusat,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, memberi konfirmasi, Rabu (25/8/2021).

Meski begitu, pemerintah pusat tetap memberikan kelonggaran, seperti untuk sekolah tatap muka hingga aktifitas ekonomi masyarakat.

Untuk aktifitas perkantoran, 75% bekerja dari rumah alias work from home (WFH), dan 25% bekerja di kantor atau WFO, namun dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Industri juga bisa beroperasi 100%, asalkan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat. Tapi, jika ditemukan klaster penyebaran Covid-19, maka industri tersebut ditutup selama 5 hari.

Sedangkan supermarket dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari, tetap hanya boleh buka sampai pukul 21.00 WIB, dengan kapasitas pengunjung 50%. Apotik dan Toko Obat dapat buka selama 24 Jam.
Untuk warung makan, rumah makan, restoran hingga kafe, boleh melayani makan di tempat atau dine in, tapi kapasitas pengunjung dibatasi sampai 50%, dan tutup pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, dari pantauan hulondalo.id, pihak personil gabungan TNI/Polri hingga satpol PP terus melakukan penyekatan di sejumlah wilayah tertentu.

Seperti di perbatasan Kota menuju Kabupaten Gorontalo, perbatasan Bone Bolango menuju Kota Gorontalo, Lokasi Menara Limboto dan lokasi bundaran BJ. Habibie. (*)