Sagela, Makanan Khas Gorontalo Dengan Gizi Padat

01/08/2019 21:43 0 By admin

Foto : Sagela

Hulondalo.id – Orang Gorontalo menyebutnya Sagela. Olahan ikan asap berbahan dasar ikan julung julung atau dalam bahasa latin disebut Hemirhamphus sp itu, adalah salah satu makanan khas daerah ini. Dabu dabu (sambal) sagela adalah satu dari sekian banyak makanan berbahan dasar sagela yang paling tersohor.

Sagela sendiri tak cuma jadi bahan dasar pembuatan sambal, tapi juga bisa dijadikan lauk untuk bubur, dicampur dengan bumbu nasi goreng, hingga abon sagela.

Selain lezaat, sagela juga ternyata memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Dari catatan penelitian yang pernah dilakukan, salah satunya Botutihe (2015), ikan roa/sagela mengandung asam amino esensial dan non esensial dengan asam glutamat dan lisin berturut-turut. Untuk kadar asam amino yang paling tinggi diteliti.

Kepada Hulondalo.id, Ahli Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Dr. Arifasno Napu, SSiT., M. Kes, menjelaskan secara rinci kandungan gizi yang terdapat dalam makanan olahan ikan Sagela. Mulai dari protein, fosfor dan kalsium.

Infografis (anwart)

Nah paling nikmat, kata Arifasno, Ikan sagela asap ini dapat diolah menjadi berbagai varian seperti sambal sagela, bubur, nasi goreng sagela, dan abon sagela, dengan campuran minyak kampung, dan cita rasa pedas.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi Sagela. Alasannya, ungkap Misranda, selain memiliki kandungan gizi yang baik, juga harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal.

“Hal ini mendukung program pemerintah dalam memenuhi ketersediaan hasil pangan, sehingga masyarakat lebih sehat dan sejahtera”, ujarnya.

Sagela sendiri saat ini, mulai menjadi panganan yang memberi nilai tambah secara ekonomi. Beberapa pengusaha muda, mulai mengemas sagela dan mulai dijual sampai ke kota kota besar di Indonesia.

Pemprov Gorontalo sendiri lewat programnya, tengah mendorong pengembangan Sagela sebagai salah satu panganan khas dari Gorontalo. (rinto)