Sah!! Kanal Tamalate Diambil Alih Kementerian PUPR

Sah!! Kanal Tamalate Diambil Alih Kementerian PUPR

20/02/2019 21:44 0 By Alex

kanal tamalate

Penandatanganan hibah lahan Kanal Tamalate oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo, Adenan Rasyid yang turut disaksikan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA), Hadi Suprayogi di kantor Kementerian PUPR.

Hulondalo.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil alih pengelolaan Kanal Tamalate setelah dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, Rabu (20/2/2019).

Penyerahan itu ditandai dengan penandatanganan berita acara hibah oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo, Adenan Rasyid, yang turut disaksikan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Hadi Suprayogi, bertempat di kantor Kementerian PUPR, Jakarta.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah menghibahkan tanah kanal ke Balai Sungai. Harapannya, pengelolaan Kanal Tamalate lebih optimal kedepan sesuai dengan fungsinya sebagai pengendali banjir,” ucap Gubernur Rusli Habibie usai penandatanganan tersebut.

Sebelumnya, lahan Kanal Tamalate yang merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Gorontalo itu seluas 73,7 Hektar. Lahan Kanal Tamalate diadakan Pemerintah Provinsi Gorontalo sejak Tahun 2008 hingga Tahun 2015.

Lokasi lahan berada di sepanjang Kanal Tamalate sepanjang 2,8 Km yang membentang dari Desa Oluhuta Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango hingga ke Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Dengan demkian, Kanal Tamalate yang membutuhkan anggaran ratusan miliar rupiah itu akan dikelola maksimal oleh Kementerian PUPR.

Gubernur Rusli Habibie berharap kedepan, Kanal Tamalate tidak hanya bisa menjadi solusi masalah banjir di Gorontalo, akan tetapi sebagai salah satu destinasi wisata hingga olahraga bagi masyarakat Gorontaolo.(Usman)