Categories: Bone Bolango

Sah! Proyek Infrastruktur Bonebol Ditunda, Termasuk GOR?

Zainudin Pedro Bau

Hulondalo.id – Sejumlah proyek infrastruktur Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tahun ini hampir bisa dipastikan bakal molor dari target yang ditentukan.

Pasalnya DPRD telah memutuskan meminta Pemkab untuk menunda proyek-proyek infrastruktur dalam penanganan dan pencegahan covid-19 di Bone Bolango.

Wakil Ketua DPRD Bone Bolango Zainudin Pedro Bau mengatakan, keputusan tersebut didasarkan atas banyak pertimbangan. Salah satunya menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Yakni mengutamakan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (Refocusing) dan perubahan alokasi anggaran melalui optimalisasi penggunaan Belanja Tidak Terduga (BTT) yang tersedia dalam APBD 2020 dalam rangka pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan covid-19.

“Hingga saat ini penyisiran anggaran masih dilakukan terutama kepada proyek yang belum masuk tender,” kata Politisi Golkar yang biasa disapa ZPB usai rapat Badan Anggaran DPRD dan TAPD Pemerintah Bone Bolango, Ahad (5/4/2020).

Secara garis besar, ZPB belum dapat menyebutkan secara rinci proyek mana saja yang akan terdampak. Namun, berdasarkan hitungan sementara, ada puluhan Milliar anggaran proyek dan non proyek yang bisa direalokasikan.

“Misalnya pada dinas PUPR salah satunya pembangunan Gor (Gelanggang Olahraga) Tapa Bulango yang memakan anggaran 15 Miliar, ini kan Proyek yang skala prioritasnya rendah bahkan belum prioritas dimasa darurat seperti ini,” terang Pedro.

Olehnya, kata Pedro dari hasil keputusan Banggar meminta Pemda Bone Bolango menunda proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang tidak berkolerasi dengan upaya pencegahan, penyebaran dan penanganan covid-19.

“Kami juga meminta kepada TAPD untuk melakukan assessment (penilaian) dan evaluasi secara total proyek dan anggaran yang bisa dialihkan untuk penanganan covid-19 untuk direalokasikan sesuai dengan prioritas kegiatannya,” tutur ZPB.

“Untuk menambah anggaran pada fungsi kesehatan dan perlindungan sosial jangan ada dulu pelelangan pekerjaan terhadap proyek proyek tersebut, itu hasil keputusan rapat tadi,” sambung Ketua DPD Partai Golkar Bone Bolango ini.

Menurutnya, pengalihan alokasi anggaran infrastruktur untuk penanganan corona dipandang cukup tepat. Bahkan ia menilai pemerintah Bone Bolango tak akan rugi, sebab jika dipaksakan dimasa sekarang proyek infrastruktur justru dikhawatirkan berpotensi tak optimal.

“Jika infrastruktur dipaksakan di tengah penurunan produksi manufaktur dan daya beli masyarakat, maka tentu utilitas pemanfaatan infrastruktur akan sangat rendah. Akan ada pertanyaan besar jika pemda tidak menunda dan mengalihkan anggaran infrastruktur tadi,” tandas mantan Auditor Hukum ini.(Jeff/Adv)

Leave a Comment
Published by
Jeffry