Sakit dan Kelaparan, Kakak Beradik di Bone Bolango ini Ditolong Ojek Online

Sakit dan Kelaparan, Kakak Beradik di Bone Bolango ini Ditolong Ojek Online

09/05/2021 12:02 0 By Syakir

Bobi lagi duduk menjaga kakaknya Bayu, yang tengah terbaring sakit di rumahnya. (sumber: [email protected] ojol nusantara)

Hulondalo.id – Kendati tinggal di rumah sendiri, tapi kondisi kedua kakak beradik ini sungguh memprihatinkan. Selain menderita kelaparan, salah satu diantara mereka pun jatuh sakit. Jangankan untuk berobat, untuk beli makan saja tidak ada.

Bayu Saputra Abidin (18) dan Bobi Abidin (16), mereka bukan anak yatim piatu. Ayah dan Ibunya masih hidup, namun sudah tak tinggal bersama, begitu keduanya bercerai. Tinggallah kakak beradik itu sendirian di rumah mereka, di Desa Helumo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Menurut Rizal Palowa salah seorang relawan Ojol Nusantara yang membantu kedua remaja itu, mereka mendapati kondisi Bayu dan Bobi sungguh memprihatinkan.

Berdasarkan cerita dari Ibu Farida (53) tetangga Bayu dan Bobi, meski sedang lapar, kedua kakak beradik itu enggan meminta minta. Pun tak ada bantuan dari sanak saudaranya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, dua remaja putus sekolah itu, bekerja serabutan. Tapi begitu Bayu sang kakak jatuh sakit, tinggallah Bobi yang bekerja.

Kadang kalau tempat pasang stiker motor seberang jalan lagi banjir order, Bobi sering dimintai tolong. Nah, dari situ dirinya dapat uang untuk beli makan dengan kakaknya.

“kalau Bobi keluar bekerja, menurut Ibu Farida, kakaknya akan menangis terus,” kata Rizal.

Rizal yang seharinya berprofesi sebagai ojek online itu mengaku, pertama mendapatkan info soal Bayu dan Bobi dari postingan di anaknya ibu Faridah di facebook, hingga kemudian melakukan penelusuran.

Dari situ, Rizal dan kawan kawan sesama Ojol mulai bergerak. Mereka mulai mengumpulkan donasi dari kawan kawan sesama ojol, bahkan ada donasi dari luar provinsi Gorontalo.

“Alhamdulillah, kami terus memantau kondisi mereka bang. Donasi dari yang terkumpul, langsung diantarkan untuk keduanya,” kata Rizal, Minggu (9/5/2021).

Donasi yang dikumpulkan Rizal dan kawan kawan serta Relawan Ojol Nusantara, langsung disalurkan ke dua kakak beradik Bayu dan Bobi. (sumber: rizal)

Tak hanya relawan Ojol Nusantara yang turun tangan, relawan dari sejumlah organisasi kemanusiaan lainnya seperti KPG hingga Relasi Gorontalo, juga ikut  memfasilitasi Bayu si kakak, untuk berobat ke rumah sakit.

“Bayu sudah tinggal sama bapaknya di Limboto, tapi itu cuma 6 bulan selama masa pengobatan penyakit TBC nya. Jadi kami masih terus memantau perkembangan keduanya,” imbuh Rizal lagi.

Aksi para Ojol Gorontalo ini diposting di akun Ojol Nusantara. Aksi mereka menuai pujian dari netizen. Karena menilai masih ada orang yang mau menyisihkan waktu dan materi mereka untuk menolong orang lain, meski para Ojol ini ekonominya tengah terjepit gegara pandemi.

Untuk yang mau berdonasi, bisa menghubungi nomor ini (Ray ReNus 082195465924) (Rizal Palowa Gorontalo 08971111113) (Garry 087875678774) (Bunda Yusi 081916440666) (*)