‘Saling Hantam’ saat Pilkada, Itu Gaya Politik Tempoe Doloe

‘Saling Hantam’ saat Pilkada, Itu Gaya Politik Tempoe Doloe

05/09/2020 00:28 0 By admin

Hulondalo.id – Berkembangnya teknologi, membuat masyarakat zaman sekarang makin melek dengan segala informasi, termasuk soal politik. Maka akan sangat salah, jika masih banyak yang menggunakan cara cara lama, untuk merebut simpati rakyat di musim pilkada.

Cara lama yang dimaksud itu salah satunya seperti ‘bakuhantam’ di media, dengan menggunakan berbagai isu yang sengaja dibangun untuk memojokkan lawan. Apalagi, isu yang dipilih adalah isu yang sudah menyerang pribadi lawan, bahkan cenderung memfitnah.

Gaya seperti itu bisa jadi bomerang. Alih alih mendapatkan simpati, rakyat justru muak dengan sikap figur yang sering memainkan isu murahan.

Masyarakat bisa beranggapan si calon itu, entah kurang kreatif atau memang sudah merasa kalah sebelum masuk pertarungan sebenarnya. Ingat, khusus Gorontalo, kultur rakyatnya sedikit berbeda dengan daerah lain, dimana masih menjujung tinggi nilai nilai kesantunan.

Boleh saja menyerang, tapi serangannya harus cerdas. Seperti adu konsep bagaimana membuat masyarakat sejahtera, atau lebih spesifik meminang suara kaum milenial, dengan membuat konsep program yang simpel dan modern.

Sementara gaya bakuhantam, tak ada manfaatnya buat masyarakat.

Kalaupun ada kritikan maupun masukan, sampaikan dengan cerdas, dan sebaiknya yang dikritik adalah masalah kinerja, bukan persoalan pribadi.

Jika bongkar masalah pribadi, semua orang pasti ada masalah. Akhirnya, Pilkada bukan lagi ajang unjuk gagasan untuk kemaslahatan rakyat, tapi jadi arena mengumbar aib orang lain. (**)