Salut!! Kisah Honorer Biro Umum Pemprov Gorontalo yang Berkurban 2 Ekor Sapi

11/08/2019 16:21 0 By Admin1

Suasana pembagian kurban oleh honorer Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo, Ahad (11/8/2019).

Hulondalo.id – Para tenaga honorer di Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo ini patut jadi contoh. Meski tidak memiliki penghasilan setara PNS pada umumnya, namun mereka sanggup berkurban pada Idul Adha 1440 Hijriah kali ini.

Tadi pagi, Ahad (11/8/2019), 14 honorer Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo itu menyembelih 2 ekor sapi. Luar biasa.

Yang lebih luar biasa lagi, rupanya bukan tahun ini saja mereka berkurban. Idul Adha tahun lalu, mereka menyembelih 1 ekor sapi.

Tak ada acara seremonial. Tak ada acara serah terima. Tak ada acara simbolis. Tak ada pejabat eselon. Semuanya mengalir sangat sederhana namun penuh makna.

Setelah disembelih di tempat kerja mereka di halaman Biro Umum, daging kurban yang terkumpul ini langsung dibagi-bagikan kepada petugas kebersihan, karyawan kantin dan tenaga honorer lain di lingkungan Setda Provinsi Gorontalo.

Sejatinya, tugas mereka di Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo adalah sebagai teknisi pasang tenda, kursi dan sound system saat kegiatan pimpinan atau agenda kedinasan.

Walau tidak memiliki gaji setara PNS, atau setara tunjangan kinerja daerah (TKD), mereka sanggup mengumpulkan gaji bulanan mereka untuk berkurban. Setiap bulan, mereka mengumpulkan uang kurban kepada atasan mereka. Ada yang Rp 100.000,- ada pun yang Rp 150.000,-.

Uang tersebut lantas diberikan sapi. Dan meski jumlah uang bervariasi, Alhamdulillah mereka kali ini bisa membeli 2 ekor sapi.

“Tahun lalu 1 ekor sapi, sekarang 2 ekor sapi. Alhamdulillah,” ujar mantan Kasubag Sarana Parasarana, Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo, Rio Hamzah.

Meski jumlahnya mungkin tidak sebanyak milik para pejabat, namun niat dan keikhlasan untuk berbagi di tengah kekurangan patut untuk menjadi contoh bagi kita semua.(usman)

loading...