Sambut Idul Fitri Dengan Semangat Berbagi Rezeki

Sambut Idul Fitri Dengan Semangat Berbagi Rezeki

05/06/2019 08:41 0 By Syakir

Jamaah memadati pelataran Masjid Sabilul Arsyad UNG, dalam sholat Idul Fitri 1440 H, Rabu (5/6/2019).

Hulondalo.id– Hari ini, Rabu (5/6/2019) Kaum Muslimin di Indonesia melaksanakan Hari Raya Idul Fitri. Takbir, Tahlil dan Tahmid menggema menyambut datangnya Hari yang Fitri itu, 1 Syawal 1440 H.

Sementara Masyarakat Kaum Muslimin Limba U 1, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo menggelar Salat Id di lapangan Masjid Kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Tampak area tersebut dipenuhi jamaah kaum muslimin baik laki-laki maupun perempuan yang akan menggelar salat Idul Fitri. Saking banyaknya salat bahkan digelar hingga di badan jalan depan Mufidah Kota Gorontalo.

Dalam Khutbahnya, Ustadz Munkizul Umam berpesan tentang pentingnya amalan Zakat, Infak dan Sedekah yang ditunaikan saat Idul Fitri untuk mensucikan diri.

Menurutnya, Rezeki yang diberikan Allah SWT dalam bentuk harta terus mengalir sepanjang tahun. Bersamaan dengan itu pula saudara-saudara yang lain juga memiliki kebutuhan yang sama.

“Maka hendaklah kita terus memberikan dan mensucikan harta kita sepanjang tahun meski di luar ramadan. Setiap harta yang kita peroleh, ada bagian orang lain yang harus kita keluarkan. Bukan karena semata-mata mereka membutuhkan, namun kita harus membersihkan diri dan harta kita,” kata Ustad Munkizul Umam.

Ia juga menyampaikan tentang hakekat kemenangan yang diperoleh saat Idul Fitri. Kemenangan sejati yang dapat diperoleh kata Ustad setelah sebulan penuh menahan lapar dan dahaga adalah tekad mempertahankan keimanan dan ketakwaan di bulan-bulan lain di luar ramadan.

“Jika tidak, maka sama saja kita hanya menang menahan lapar dan haus selama sebulan penuh,” ujar Ustadz Munkizul. (jhon)