Santap Kambing Sakit-sakitan, Warga Mongolato Ini Suspek Antraks

Santap Kambing Sakit-sakitan, Warga Mongolato Ini Suspek Antraks

29/08/2019 20:28 0 By Alex

SR alias Stenly saat dirawat di RSAS Kota Gorontalo karena suspek antraks.

Hulondalo.id – Seorang warga Desa Mongolanto, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo harus dirawat intensif di Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) karena diduga antraks. Warga Mongolato berinisial SR alias Stenly itu mengalami gatal-gatal luar biasa di tubuhnya, sakit kepala dan demam.

“Jadi, belum bisa kami pastikan apakah yang bersangkutan positif antraks. Sampel daging masih harus diperiksa dan yang bersangkutan masih berstatus suspek antraks,” ujar Kepala UPTD Labolatorium Veteriner, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Agustina Kilapong, Kamis (29/8/2019).

Sebelumnya, UPTD Laboratorium Veteriner sudah turun lapangan melakukan identifikasi. Terungkap bahwa SR alias Stenly memiliki riwayat ternak kambing yang mati mendadak selama sebulan terakhir.

Sepekan sebelum hari raya Idul Adha, honorer di Pemkot Gorontalo itu pernah membeli 6 ekor kambing di Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo. Belakangan 6 kambing yang dibeli itu semuanya mati di hari yang berbeda-beda.

Awalnya 6 kambing yang dipeliharanya itu mengalami kurang nafsu makan dan sakit-sakitan. Olehnya, 1 ekor kambing pun sempat disembelih dan dikonsumsi. Sementara 2 ekor lainnya disembelih dan dijual ke wilayah Kabupaten Pohuwato dan Boalemo.

“Kami sudah mengambil sampel daging kambing yang sempat dikonsumsi karena masih tersimpan di lemari pendingin,” tambah Agustina.

Menurut rencana, besok, Jumat (30/8/2019), tim dari UPTD Laboratorium Veteriner akan kembali turun untuk melakukan pelayanan kesehatan hewan. Semua ternak radius 1 Kilometer dari lokasi temuan akan diberikan antibiotik untuk mencegah penularan yang lebih masih.(usman)