Sarasehan Nasional Kampung KB, Gorontalo Jadi Tuan Rumah

Sarasehan Nasional Kampung KB, Gorontalo Jadi Tuan Rumah

12/02/2019 20:33 0 By Alex

BKKBN

Sekretaris Utama BKKBN RI, Nofrizal dengan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba membicarakan rencana kegiatan Sarasehan Kampung KB yang akan digelar di Gorontalo.

Hulondalo.id – Dinilai sukses menggalakkan program kampung KB di desa-desa, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI berencana menggelar Sarasehan Nasional Kampung KB di Provinsi Gorontalo.

Rencana itu terungkap saat pertemuan Sekretaris Utama BKKBN RI, Nofrizal dengan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, Selasa (12/2/2019).

Sebelumnya, selama 2 tahun terakhir program Kampung KB di Gorontalo mendapat antusias dari masyarakat, terutama yang ada di desa-desa. Fenomena itu akan dijadikan momentum untuk membangkitkan kembali gebyar program KB yang pernah berjaya di era 1980-an.

Menurut Sekretaris Utama BKKBN RI Nofrizal, salah satu indikatornya adalah aktivitas remaja di Gorontalo dalam hal mencegah masalah reproduksi dinilai cukup menggembirakan. Dari situlah dipandang sebagai suatu momentum penting untuk menyiapkan para remaja sebagai tulang punggung pembangunan guna menyongsong bonus demografi di masa yang akan datang.

“Bagi kita di BKKBN atau di Program KB, remaja ini sangat menentukan keberhasilan. Tidak hanya keberhasilan dalam pendewasaan usia perkawinan yang berpengaruh dalam pertumbuhan penduduk, juga sekaligus keberhasilan bagaimana kita bisa eksis di era bonus demografi,” kata Nofrizal yang juga mantan Kakanwil BKKBN Gorontalo itu.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan, pihaknya sangat mendukung mensukseskan kegiatan tersebut. Apalagi, perwakilan daerah lain yang akan ke Gorontalo nantinya bisa bertukar pengalaman.

“Prinsipnya kami mendukung. Saya akan laporkan juga kepada bapak gubernur dan wakil gubernur mengenai rencana ini,” kata Sekretaris Daerah Darda Daraba.

Dia berharap, kegiatan tersebut akan lebih memberikan pemahaman kepada masyarakat Gorontalo tentang manfaat dari berbagai program KB.(usman)