Satgas 53 Dibentuk, Wujudkan Kejaksaan yang Bersih

Satgas 53 Dibentuk, Wujudkan Kejaksaan yang Bersih

29/12/2020 17:34 0 By Syakir

Pelantikan dan pengambilan sumpah Satgas 53, oleh Jaksa Agung

Hulondalo.id – 31 orang jaksa dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota satuan tugas (satgas) 53, Senin (28/12/2020). Satgas ini nantinya bertugas mengawasi dan menindak segala bentuk pelanggaran disiplin di internal kejaksaan.

Satgas yang namanya diambil dari peraturan pemerintah yang mengatur disiplin pegawai negeri sipil itu, personilnya terdiri dari Jaksa Agung Muda Intelijen, Jaksa Agung Muda Pengawasan, dan Pusat Penerangan Hukum.

“Pembentukan satgas 53 untuk memperkuat dan mempercepat kinerja inteljen dan pengawasan dalam hal penyedian informasi, akurasi, dan kecepatan bertindak dalam menyelesaikan setiap dugaan pelanggaran disiplin sesuai dengan arahan Presiden Indonesia dalam pembukaan Rapat Kerja Kejaksaan RI pada tanggal 24 Desember Tahun 2020”, ujar Jaksa Agung, Dr. Burhanuddin, S.H, M.A.

Burhanudin pun mengutip pernyataan presiden yang mengatakan, kejaksaan adalah wajah penegakan hukum di Indonesia. Sepak terjang setiap personil kejaksaan dianggap sebagai tolak ukur perwujudkan supremasi hukum.

“Maksud dan tujuan dibentuknya Satgas 53 adalah untuk mewujudkan Kejaksaan yang bersih dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap instansi Kejaksaan,” imbuhnya.

Keberadaan satgas pun diharapkan mengakselerasi perubahan dan perbaikan institusi Kejaksaan itu sendiri, menjadi lembaga penegak hukum yang profesional, akuntabel, dan berintegritas.

“Jangan kecewakan saya. Saya kerap menyampaikan jika saya tidak butuh jaksa pintar tapi tidak berintegritas, saya butuh jaksa pintar dan berintegritas” tegasnya.(MG-03)