Satu Ruangan di RSUD ZUS Gorontalo Utara Terbakar, Sejumlah Peralatan Hangus

Satu Ruangan di RSUD ZUS Gorontalo Utara Terbakar, Sejumlah Peralatan Hangus

13/09/2020 20:15 0 By Maman

Petugas saat melakukan pemeriksaan disalah satu ruangan di RSUD ZUS Gorontalo Utara yang terbakar, (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Kebakaran terjadi disalah satu ruangan di RSUD dr. Zainal Umar Sidiki (ZUS) Goorntalo Utara, Minggu (13/9/2020) dini hari tadi. Penyebab kebakaran, masih diselidiki oleh Polres Gorontalo Utara. Sejumlah alat kesehatan (alkes) juga hangus.

Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Dicky Irawan Kesuma melalui Kasat Reskrim Polres Gorontalo Utara, AKP Syang Kalibato mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 00.27 WITA, didepan ruang penunjang.

Kebakaran diketahui setelah salah seorang warga, meliha kepulan asap dari kejauhan kurang lebih 500 meter. Warga ini kemudian memanggil salah seorang petugas keamanan di ruang ICU dan untuk memastikan sumber kebakaran.

Tiba di gedung tersebut, api sudah membesar dan menghanguskan kulkas di ruang penunjang dan tempat penyimpanan stok darah. Upaya pemadaman dilakukan dibantu 2 orang keluarga pasien dan 1 perawat jaga ICU.

Kaca samping bangunan sempat di pecahkan, agar memudahkan proses pemadaman api. Api baru bisa dipadamkan setelah kurang lebih 40 menit dibantu 1 unit mobil Damkar.

“Situasi pasca kebakaran, sepi aman dan terkendali, untuk kerugian material kami belum bisa memastikan secara detail, karena harga alkes sangatlah mahal, dan kerugian fisik bangunan berupa pecahnya kaca di ruangan jendela bagian bangunan tersebut dan plafon hangus terbakar, serta bahan kimia penghilang noda darah,” kata Syang.

Sementara itu, informasi yang diperoleh hulondalo.id, kebakaran ini terjadi di ruang kepegawaian RSUD ZUS. (Prin)