Sayangi Orang Tua Kita, Ajaklah Mereka Ikut Vaksinasi Covid-19

Sayangi Orang Tua Kita, Ajaklah Mereka Ikut Vaksinasi Covid-19

19/05/2021 18:04 0 By Alex

Gebyar Vaksinasi Lansia Gorontalo

Ahmad Bait (72) saat mengikuti kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia yang digelar Dinas Kesehatan di Bele Li Mbui Kota Gorontalo, Rabu (16/5/2021).

Hulondalo.id – Ahmad Bait (72) Warga Kelurahan Heledulaa Selatan, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo datang sendirian ke gedung Belle li Mbui untuk mengikuti Gebyar Vaksinasi Lanjut Usia (Lansia), Rabu (19/5/2021).

Sebagai salah satu calon jemaah haji, tanpa pikir panjang Ahmad langsung menuju lokasi kegiatan begitu mendapatkan informasi dari aparat kelurahan akan adanya vaksinasi lansia. Menurutnya, vaksinasi Covid-19 ini sebagai bentuk ikhtiar untuk menjaga kesehatan diri.

“Saya tahu informasinya dari kelurahan. Alasan mau divaksin, saya termasuk calon jemaah haji, jadi harus divaksin. Tapi yang paling penting untuk kesehatan. Kalaupun tidak jadi naik haji, kesehatan itu yang penting,” ujar pensiunan Dinas Kehutanan Kabupaten Gorontalo itu.

Ahmad pun sejatinya ingin mengajak istrinya untuk ikut vaksinasi lansia demi mencegah penularan Covid-19. Namun sayang, istrinya sedang berada di luar kota dan tidak bisa datang bersamanya untuk vaksinasi.

Ungkapan Ahmad Bait itu menjadi satu dari sekian banyak lansia yang antusias mengikuti Gebyar Vaksinasi Lansia yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Buat mereka, vaksinasi penting untuk menjaga kesehatan. Namun sayang, banyak dari mereka yang awalnya kurang mendapatkan informasi tentang kegiatan dan manfaat vaksinasi karena keterbatasan akibat faktor usia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman pun kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo untuk mengajak orang tuanya dan para lansia untuk mengikuti vaksinasi. Hal ini sebagai bentuk kepedulian kepada para lansia agar terhindar dari paparan virus corona.

“Vaksinasi lansia sangat tepat karena kita menyuntikkan kekebalan atau imun terhadap orang yang sangat rentan. Maka kasihanilah lansia, orang tua kita, dengan cara membawa ke tempat pelayanan vaksinasi,” imbau Yana di sela-sela Gebyar Vaksinasi Lansia.

Vaksinasi untuk lansia sangat penting karena mereka menjadi kelompok yang sangat rentan tertular Covid-19. Vaksinasi Lansia bisa dilakukan dengan mudah dan gratis, cukup hanya dengan membawa KTP di Puskesmas terdekat.

“Semua puskesmas kita instruksikan mengadakan vaksinasi lansia setiap hari. Jadi pelayanannya setiap hari cukup membawa KTP,” sambung Yana.

Sebelumnya, vaksinasi lansia di Gorontalo masih cukup rendah. Dari target 96.000 lansia, baru sekitar 2000 lansia yang selesai divaksin. Olehnya, ini membutuhkan partisipasi semua unsur untuk sama-sama mengajak orang tua, kerabat, tetangga mensukseskan program vaksinasi bagi lansia.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bahkan mewajibkan setiap ASN Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk membawa 2 lansia untuk divaksin sebagai bentuk kepedulian nyata agar orang tua terlindungi dari potensi tertular virus corona.(adv/alex)