SDGs Center UNG Gelar Pelatihan Kontekstual, Perkuat Kapasitas OKG

SDGs Center UNG Gelar Pelatihan Kontekstual, Perkuat Kapasitas OKG

11/10/2021 20:19 0 By Syakir

Hulondalo.id – Untuk memperkuat jaringan mitra organisasi keagamaan baik sesama organisasi keagamaan maupun dengan NSA, CSR dan juga pemerintah, maka organisasi keagamaan perlu diperkuat juga dengan metode komunikasi SDGs. Atas dasar itu, SDGs center UNG menggelar pelatihan kontekstual panduan komunikasi program SDGs bagi Organisasi Keagamaan (OKG).

Ketua panitia kegiatan Dr. Mungkizul Uman Kau mengungkapkan, pelatihan dilakukan untuk memperkuat kapasitas OKG (muhamadiyah, NU, Baznas, Lazismu, FKUB, pondok pesantren) dalam menyusun desain komunikasi SDGs yang strategis, dalam mengkomunikasikan program yang selaras dengan indikator SDGs.

“Baik yang telah dilaksanakan maupun yang direncanakan sehingga konten komunikasi dapat membangun kemitraan yang mendorong pencapaian target SDGs,” ungkap Mungkizul.

Dalam materinya kepala pusat SDGs UNG Dr. Raghel Yunginger, M.Si, mengulas kembali program-program OKG yang selaras dengan indikator SDGs yang telah disusun oleh OKG pada saat workshop evaluasi SDGs. Menurutnya secara umum perencanaan program-program OKG dan realisasinya telah menyentuh 4 pilar SDGs baik pilar pembangunan sosial, ekonomi, lingkungan maupun hukum dan tata kelola.

“Namun hal ini masih perlu ditingkatkan dan perlu dilakukan evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian program serta identifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pencapaian target program yang selaras dengan SDGs,” ujarnya.

Untuk memperkuat kapasitas OKG dalam menyusun desain komunikasi SDGs, pelatihan menghadirkan langsung Juara Elyas Tampubolon selaku communication advisor, dari Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. Elyas menyampaikan bahwa tujuan komunikasi SDGs bagi OKG ini adalah membuat umat tahu, tertarik, dan mempromosikan SDGs sehingga semua sadar untuk turut berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

Pada kesempatan ini juga sebagai bentuk dukungan SDG Center UNG kepada OKG maka telah disiapkan Buletin SDGs UNG dan juga website SDG Center yang dapat mewadahi informasi dan promosi data, kelembagaan dan program setiap OKG sehingga dapat membangun kemitraan dengan mitra pembangunan lain baik di Gorontalo maupun di luar Gorontalo. (Inkri)