SDM Dilatih Khusus, UT Dorong Bumdes Manfaatkan Potensi Desa

SDM Dilatih Khusus, UT Dorong Bumdes Manfaatkan Potensi Desa

28/08/2021 14:07 0 By Syakir

Direktur UT Gorontalo Andi Suci Anita, MP, saat membuka pelatihan bagi Bumdes Dulamayo Selatan.

Hulondalo.id – Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Universitas Terbuka juga mempunyai tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Abdimas tahun 2021, UT Gorontalo menyelenggarakan pelatihan Bumdes di Desa Dulamayo Selatan dan Dulamayo Barat, Kabupaten Gorontalo.

Pelatihan yang digelar 3 hari itu, menghadirkan narasumber berkompeten yang semuanya adalah dosen di Universitas Universitas Terbuka. Dengan tema pelatihan, “BUMDes Maju, Desa Mandiri, Masyarakat Sejahtera”.

Direktur UT Gorontalo; Andi Suci Anita, MP., mengatakan, pelatihan itu adalah bentuk kepedulian UT, untuk mendukung program pemerintah dalam membangun Indonesia dari desa.

“Kedua desa ini memiliki potensi yang luar biasa, tapi belum dikelola, sehingga pelatihan ini diharapkan dapat melatih kader-kader desa termasuk BUMDes, dalam memanfaatkan potensi desa demi kesejahteraan masyarakat”. ujarnya.

Peserta pelatihan itu sendiri keseluruhan adalah aparat desa. Mulai dari BPD, LPM hingga pendamping dan pengurus Desa.

Sementara itu perwakilan dari Dinas Pemdes dan Camat Telaga yang hadir saat pembukaan memberikan apresiasi program yang dilakukan UT.

Menurutnya, pelatihan ini hadir disaat yang tepat untuk membangunkan dan melatih BUMDes. Semoga dengan pelatihan ini bisa mewujudkan cita-cita pembangunan di desa dan mengangkat kesejahteraan masyarakat. (adv)