SDM Pariwisata, Bupati Indra Tanda Tangani MoU dengan STP Bandung

SDM Pariwisata, Bupati Indra Tanda Tangani MoU dengan STP Bandung

14/02/2020 21:02 0 By Maman

Penandatanganan MoU dilakukan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin bersama Ketua STP Bandung Faisal. (hms)

Hulondalo.id – Potensi pariwisata di Gorontalo Utara, membutuhkan SDM dalam pengelolaan dan pengembangannya. Ketersediaan SDM diseriusi Pemkab Gorontalo Utara dengan menjalin kerjasama bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Jum’at (14/2/2020), MoU ditanda tangani Bupati dengan Ketua STP Bandung Faisal. Kadis Pariwisata Gorontalo Utara Badar Pakaya mengatakan, MoU ini merupakan tahap awal. “Nantinya akan dilanjutkan pada tahap Penandatanganan Kerjasama di Kota Bandung mendatang,” kata Badar.

Bupati juga dalam kesempatan itu mengatakan, selama ini, Pemkab Gorontalo Utara telah menjalin banyak kerjasama dengan Kota Bandung. Diantaranya, IPB Bandung, STKS Bandung.

Untuk kerjasama dengan STP bandung ini kata Bupati, diharapkan adanya keseimbangan antara SDA dan SDM.

“SDA di daerah ini sangat beragam, karenanya sangat dibutuhkan SDM yang profesional,k khususnya pemandu wisata,” ungkap Bupati di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Apalagi kata Bupati, kedepan sejumlah peluang memungkinkan untuk diambil, termasuk kebutuhan akan pemandu wisata. Gorontalo Utara kata dia, bisa menjadi pemasok SDM pariwisata, terlebih jika ibukota negara telah berpindah ke pulau Kalimantan.

Sementara itu, Ketua STP Bandung Faisal mengatakan, MoU ini upaya untuk penguatan kelembagaan antar daerah yang memiliki potensi pariwisata untuk dikembangkan.

“Kami sangat spesialisasi dalam membedah pariwisata, ekonomi kreatif juga menjadi perhatian kami,” ujarnya.

STP Bandung juga kata dia, berkeinginan agar, sektor pariwisata berbanding lurus dengan kualitas SDM. Semoga MoU ini, dapat meningkatkan kompotensi dan membentuk karakter SDM budaya masyarakat Indonesia yang ramah. (Prin/Adv)